Tips Jitu Menghindari Kecelakaan di Jalanan

22 Februari 2015 Artikel Pendidikan


Kecelakaan adalah mimpi buruk bagi semua orang mulai dari pejalan kaki, pengendara sepeda motor, pengendara mobil, penumpang dan lain-lain. Namun di bawah ini ada beberapa tips menghindari kecelakaan atau setidaknyauntuk meminimalisir kejadian buruk di jalanan. Sebelum Anda melakukan perjalanan ke suatu tempat jangan lupa berdoa, agar diri Anda selalu dilindungi oleh Sang pencipta.

Dan ini tips yang perlu Anda perhatikan untuk menghindari kecelakaan:
1. Cek Kendaraan

Ini merupakan hal terpenting yang harus lakukan sebelum berangkat. Cek kendaraan Anda, apakah kendaraan tersebut layak untuk dipakai dengan jarak tempuh yang akan Anda telusuri. Jika tidak, maka benahi atau cari kendaraan lain agar perjalanan bisa lebih terasa nyaman dan aman.

2. Mengetahui Jalanan
Nah, setiap bepergian cobalah untuk mencari informasi tentang jalan-jalan yang ingin ditelusuri. Carilah jalan yang sekiranya aman dari kejahatan, selain itu usahakan untuk menghindari tempat-tempat yang rawan kecelakaan. Misalkan tidak ada jalan lain, maka yang perlu dilakukan adalah meningkatkan kewaspadaan dan harus fokus serta berhati-hati saat melewati jalan tersebut.

3. Ngantuk
Ketika di introgasi ternyata penyebab banyak kecelakaan adalah sopir yang ngantuk. Pasti Anda sudah sering mendengar hal ini kan? Nah, untuk itu lah jangan pernah mengemudi dalam keadaan mengantuk. Disarankan cari tempat-tempat peristirahatan yang aman sehingga Anda bisa beristirahat atau tidur agar badan kembali sehat dan Anda pun bisa meneruskan perjalanan tanpa rasa ngantuk. Dengan begitu, maka perjalanan bisa semakin aman.

4. Mabuk
Sebagian besar kecelakaan adalah diakibatkan oleh supir yang mabuk, baik karena pengaruh alkohol maupun akibat obat-obatan. Yang jelas jika dalam kondisi mabuk, haram kan diri Anda untuk berkendara.

5. Ponsel
Nah, ini dia yang menjadi masalah yang sering disepelekan. Jangan pernah membalas SMS atau mengangkattelepon saat sedang berkendara.Kalau memang itu perlu sekali, tidak ada salahnya menepikan dan menghentikan kendaraan Anda.

6. Patuhi Rambu Lalu Lintas
Rambu lalu lintas merupakan panduan penting agar terhindar dari kecelakaan. Selain itu, papan-papan peringatan tentang waspada kecelakaan dan batas maksimum kecepatan juga perlu diperhatikan.

Semoga bermanfaat dan bisa membuat diri Anda selamat sampai tujuan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)