Tips dalam Memilih Mainan Edukasi Anak

23 Januari 2018 Artikel Pendidikan


Mainan anak sangat banyak jenisnya. Tapi tahukah Anda kini di pasaran dibanjiri berbagai jenis mainan yang dapat membahayakan atau menguntungkan untuk putra putri Anda. Kini banyak juga produsen mainan yang membuat mainan yang tidak hanya menyenangkan untuk bermain tetapi juga menawarkan keuntungan belajar bermanfaat bagi anak anda.

Memilih jenis mainan yang tepat untuk anak Anda selalu menantang. Dan orangtua juga harus tahu apakah mainan yang mereka belikan memberikan manfaat positif kepada anak atau malah membawa sikap negatif untuk anak.

Oleh karena itu orangtua harus mengenal karakter anak dengan baik. Dan orangtua juga harus selalu mengevaluasi perilaku anak mereka. Sangat bijaksana bagi orangtua untuk menghabiskan waktu bermain dengan anak-anak mereka, untuk melihat apakah seorang anak memilih mainan berdasarkan warna, bentuk, fungsi atau faktor lainnya.

Namun secara umum anak-anak menyukai mainan yang memberikan kegembiraan dan menyenangkan saat bermain. Dan ada juga anak yang lebih memilih untuk memainkan mainan berdasarkan warna dan fungsi dari mainan, terutama jika ada tantangan yang mainan ini disajikan. Ini semua pekerjaan orang tua untuk mengidentifikasi mainan yang tepat bagi anak-anak mereka yang sesuai dengan keadaan mereka.

Mainan edukasi dapat menginspirasi anak-anak dan memberi mereka kepercayaan diri yang mereka butuhkan. Mainan edukasi adalah pilihan terbaik untuk mengembangkan keterampilan pembelajaran dan psikomotorik anak-anak Anda. Anak-anak sangat ingin untuk menjelajahi dan menaklukkan semua jenis kegiatan fisik dan keingintahuan mereka mendorong mereka untuk mengkritisi sesuatu. Kesenangan dan intensitas belajar anak Anda di miliki selama tahun-tahun awal karena itu akan sangat mempengaruhi persepsi mereka terhadap pembelajaran dan pengetahuan sepanjang hidup mereka sampai mereka menjadi dewasa.

Masa kanak -kanak adalah tahap yang paling menarik dari seorang anak. Mereka tumbuh lebih cepat dan menyerap hal-hal baru seperti spons. Dan coba periksa 5 hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih mainan yang tepat dan anda bisa juga menghabiskan waktu untuk bermain dengan mereka.

Tips # 1: Belajar bisa dilakukan dengan Warna
Mainan edukasi dapat diperkenalkan kepada anak-anak Anda dengan warna-warna cerah dan terang. Orang tua bahkan dapat mulai memperkenalkan hal-hal dan menghubungkan nama dan warna untuk memperkuat ingatan anak. Pengenalan warna dapat menjadi salah satu cara termudah untuk meningkatkan keterampilan mental anak Anda dan memori.

Tips # 2: Belajar Bisa dilakukan dengan Bentuk
Orang tua harus memahami bahwa anak-anak lebih terbuka terhadap hal-hal yang baru bagi mereka. Dengan demikian, orang tua belajar memperkenalkan bentuk dan ukuran selama bermain. Orang tua dapat menanamkan satu-satu korespondensi dan menghitung angka melalui cara ini. Pilih mainan yang akan memberikan contoh dan mendorong pembelajaran khususnya dalam matematika.

Tips # 3: Belajar Bisa dilakukan dengan Keterampilan Motorik Kasar
Anak sedang mengembangkan keterampilan motorik kasar mereka dalam kecepatan yang sangat cepat. Para anak sekarang dapat mendorong, berjalan, berlari dan memanjat. Keterampilan motorik kasar sangat penting untuk anak Anda untuk menjelajahi dunia luar. Anda dapat memperkenalkan belajar melalui mainan edukatif yang aman dapat mendorong penguasaan keterampilan motorik kasar ini.

Tips # 4: Belajar Bisa dilakukan dengan Konstruksi dan Teka-teki
Mainan edukasi anak dapat memupuk kemampuan ingin tahu anak Anda. Mereka ingin mengeksplorasi setiap hal dan menemukan ide-ide baru. Mereka juga dapat mencapai rasa aman dengan memecahkan teka-teki dan membangun konstruksi mereka sendiri.

Tips # 5: Belajar Bisa dilakukan dengan Gambar Besar
Anak mudah tertarik pada mainan yang memiliki materi cetak yang sangat berwarna-warni. Dengan demikian, orang tua dapat menggunakan mainan pendidikan dengan buku cetak yang cerah dan bahan sehari-hari. Beberapa materi cetak kadang-kadang menggunakan suara dan audibles menarik yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak Anda bahkan ingat sederhana dan hafalan.

Namun sebelum Anda memilih mainan edukasi terbaik untuk anak Anda, ada berbagai faktor yang harus Anda pertimbangkan. Berikut ini adalah 8 faktor umum yang akan membantu Anda dalam memilih mainan edukasi terbaik untuk anak.

1. Usia

Setiap usia anak di perlukan mainan yang tepat. Bila anak anda adalah balita (usia 12 sampai 36 bulan) pastikan anda memilih mainan dari jenis biasa seperti boneka kain, puzzle, bola, blok dan mainan dengan fitur audio visual yg baik. Jika anak anda lebih tua akan ada lebih banyak pilihan dan jenis seperti gadget elektronik, buku mewarnai, dan permainan teka teki yg lebih menantang. Secara umum mainan memiliki indikator usia pada kemasannya.

2. Level Berpikir

Meskipun balita biasanya berfikir tingkat umum, kita tidak bisa mengatakan bahwa akan ada anak-anak dengan tingkat yang lebih maju berpikir. Anda harus memilih tingkat anak Anda berpikir dengan mainan pilihan. Dengan cara ini, keterampilan fisik, emosional, dan mental akan diasah dan terintegrasi dengan mainan edukasi.

3. Keselamatan

Setiap orang tua selalu mencemaskan keselamatan anaknya. Biasanya, ada mainan dengan peringatan keselamatan di kemasan seperti jangan memasuk mainan dalam mulut, jadi pastikan Anda menyimpan benda-benda berbahaya seperti yang terbuat dari plastik dan bentuk yg kecil- kecil dari anak Anda.

4. Gender

Adalah umum bagi kita untuk tidak memberikan anak putra boneka dan anak putri senjata mainan. Mainan biasanya memiliki indikator gender. Ini memberikan pada anak konsep yang tepat dari kategori seksual untuk menghindari kebingungan gender di masa depan.

5. Harga

Jika kita bisa mendapatkan mainan tertentu dengan harga lebih murah, tetapi dengan fungsi yang sama dengan yang lebih mahal, biasanya kita akan membeli yang lebih murah. Jangan berinvestasi dalam mainan yang sangat mahal, terutama jika tahap anak Anda berada pada keadaan cepat perubahan ada kemungkinan dia akan kehilangan minat pada mainan di waktu yang sangat singkat.

6. Quality

Meskipun kita ingin memilih mainan yang berharga murah, bagaimana dengan kualitas? Anda harus dapat menimbang keduanya. Kita terbiasa dengan gagasan bahwa kualitas datang dengan harga, dan itu adalah benar. Tanggung jawab orang tua, seperti biasa adalah untuk menjadi cermat.

7. Accessibility

Dapatkan mainan dengan mudah. Jika mainan datang dengan garansi, dan Anda mendapatkan mereka dari negara lain Anda akan memiliki masalah untuk menukar atau memperbaiki. Cobalah untuk menyimpan mainan pada tingkat yang aman dan rapih.

8. Sifat mainan

Ketika Anda membeli mainan edukasi apakah Anda yakin bahwa itu memang akan sesuai dengan anak dan Anda yakin itu adalah pendidikan dengan cara tanpa kekerasan? Jika anak Anda bersikeras bermain dengan mainan itu tapi memiliki efek negatif pada perilaku anak secara intelektual dan emosional, Anda harus tetap berpegang pada penilaian Anda dan mencoba untuk mencari alternatif mainan aman dan akan memberikan anak Anda pendidikan pada tingkat positif aman.

Setelah Anda telah memikirkan faktor-faktor ini Anda akan dapat memilih mainan pendidikan yang tepat untuk anak Anda. Sangat penting bahwa Anda mendengarkan apa kebutuhan anak Anda, agar menjadi orangtua yang pandai dan cermat dalam memilih mainan edukasi untuk anak yang sesuai fungsinya dan serta harus tahu apa manfaat yang akan anak dapat dari mainan tersebut.

Tapi selain mainan edukasi yang orangtua sediakan, sediakan juga waktu yang berkualitas bersama anak anda. Yang paling penting Anda lakukan adalah memberikan cinta tanpa syarat dan dukungan sepenuh hati. Semoga tips ini biasa menjadikan referensi untuk ayah bunda dalam memilih mainan edukasi.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)