Tips Belajar yang Santai dan Asik

12 April 2018 Artikel Pendidikan


Belajar merupakan aktivitas yang membosankan bagi sebagian orang. Entah kenapa, setiap orang pasti punya anggapan yang sudah tertanam dalam otaknya bahwa proses memasukkan ilmuyang disebut dengan belajar sangat membosankan. Asumsi seperti inilah yang mengarahkan kita untuk malas belajar.

Jenuh, pusing, dan malas, sudah menjadi konsekuensi, dan makanan sehari-hari orang yang berpikir. apalagi mikirin tugas pelajaran yang banyak,belajar itu wajib dilakukan oleh siapa saja . Belajar adalah suatu proses mendalami dan memahami suatu pengalaman baru,bukan untuk mengejar nilai bagus dan mendapatkan ranking satu. Banyak anak pelajar yang malas sekali untuk belajar dengan berbagai alasan mereka berbicara kepada Guru, teman sebaya atau Orang tuanya. Tapi kalau kita cermati masih ada tips yang baik agar belajar kita terasa enak dan tidak membosankan.

Berikut beberapa tips untuk semangat belajar:
1. Waktu
Atur waktu dalam belajar dirumah jangan terlalu lama, Minimal 1 s/d 2 jam sehari itu sudah cukup, sebab jika lama otak kita cenderung kacau dan buyar dikarnakan kita bukan Komputer.

2. Tempat bersih
Bersihkan dahulu tempat yang akan dipakai untuk belajar agar kita nyaman dalam memahami isi buku yang kita pelajari.

3. Play Musik
Coba belajar sambil mendengarkan musik agar kita tidak bosan akan apa yang kita pelajari, anggap saja musik sebagai hiburan.

4. Lampu belajar
Pakai lampu belajar agar mata kita tidak rusak sebab tulisan dibuku cenderung membuat mata pegal dan sakit.

5. Istirahat
Jangan memaksakan diri untuk terus melanjutkan belajar, istirahatlah selama 10 menit coba luruskan tangan, badan dan kaki jika belajar pada kursi belajar.

Hal akhir yang sangat penting adalah kesadaran diri tentang kebutuhan belajar dan kontisistensi dalam belajar. Karena semakin cepat Anda memulai sesuatu maka semakin cepat pula kesuksesan menghampiri Anda.Demikian beberapa cara untuk belajar dengan baik.Semoga sukses!!

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)