Tips bagi Mahasiswa untuk Mendapatkan Predikat Berprestasi

1 Maret 2017 Artikel Pendidikan


Menjadi mahasiswa berprestasi tentunya sangat membanggakan dan menjadi idaman setiap orang yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Namun semua itu tidak akan terjuwud tanpa adanya kerja keras dan berkomitmen terhadap kerja keras itu. Anda bisa melakukan tips ini untuk memperoleh predikat mahasiswa berprestasi di kampus.

Buat target yang jelas
Apa sebenarnya tujuan Anda masuk perguruan tinggi? Dalam suatu hal apapun kita harus memiliki tujuan dan target yang jelas, agar yang kita lakukan tidaklah sia-sia. Niat adalah pondasi yang menentukan seberapa kuat tekad Anda. Tanamkanlah pada dirimu tekad yang kuat untuk mencari ilmu, wawasan, dan keterampilan. Jangan sia-siakan waktu mudamu, selagi Anda bisa melakukannya.

Kenali karakter belajar
Mungkin cara belajar di kampus dan di sekolahmu dulu sangatlah berbeda, maka dari itu ketika Anda sudah mulai mengenal dunia kampus, Anda perlu juga mengenal karakter belajar terbaikmu, ketahui pola belajar yang bisa membuatmu semangat dan nyaman dalam melakukannya.

Banyak membaca dan berlatih
Dengan banyak membaca dan berlatih, maka Anda bisa memperluas wawasan dan menambah ide kreatifmu. Seperti pepatah yang mengatakan bahwa membaca adalah jendela dunia. Sering-seringlah pergi ke perpustakaan atau toko buku untuk memperluasan wawasanmu, jangan sampai ketika Anda masuk kelas, Anda duduk dengan pikiran yang kosong, setidaknya bacalah buku setiap kali Anda akan masuk kuliah sesuai dengan jadwal kuliahmu.

Review materi kuliah
Setiap kali Anda duduk di bangku kuliah, mungkin tidak semua materi akan Anda ingat. Mereview materi kuliah adalah bisa memperkuat ingatanmu tentang hal yang Anda pelajari, jangan sampai ketika Anda menghadapi UTS dan UAS, Anda menggunakan SKS alias sistem kebut semalam.

Aktif bertanya dalam setiap mata kuliah
Tidak mudah memang untuk selalu bersemangat dan antusias dalam mengikuti perkuliahan. Namun kembalikan lagi semuanya pada niat dan tekadmu. Aktiflah bertanya dan berpendapat dalam mengikuti perkuliahan, jangan sampai malu ataupun takut pertanyaan atau pendapatmu salah atau kurang berbobot. Belajar bukanlah untuk dilihat orang, tetapi belajar adalah untuk memperoleh ilmu bagimu.

Jalin jaringan yang luas
Menjadi mahasiswa berprestasi bukan berarti Anda harus terus menekuni belajar dan membaca hingga Anda menjadi orang yang anti sosial. Justru jika Anda memiliki teman yang banyak dan relasi yang luas, itu akan memperluas pengetahuanmu pula. Setiap orang memiliki pengetahuan yang berbeda bukan? Anda bisa saling bertukar informasi dengan teman-temanmu.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat Anda aplikasikan jika ingin menjadi mahasiswa berprestasi di kampus.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)