Tips Ampuh Menjadi Pribadi yang Menyenangkan

6 April 2016 Artikel Pendidikan


Semua orang pasti tahu, menjadi orang yang menyenangkan lebih baik daripada menjadi orang yang menyebalkan. Tetapi kita kadang tidak tahu hal apa saja yang membuat diri kita begitu menyebalkan bagi orang lain. Sikap yang menurut kita benar, belum tentu orang lain memiliki pendapat yang sama. Selain untuk menambah teman, menjadi orang yang menyenangkan juga bisa membuat semua orang merasa nyaman. Sikap ramah dan penuh perhatian adalah dua kunci penting dalam menjalin pertemanan. Mau tahu tips menjadi pribadi yang menyenangkan?

Menjadi diri sendiri

Tidak ada yang suka kepura-puraan, begitu juga dalam pergaulan. Anda harus temukan keunikan dalam diri sendiri dan percayalah bahwa menjadi diri sendiri adalah yang terbaik daripada berusaha membentuk karakter menjadi seperti orang lain. Yang penting apa adanya dan tidak perlu berlebihan.

Tunjukkan minat terhadap orang lain

Orang yang perhatian kepada sesama selalu dianggap lebih menarik daripada orang tidak mau tahu masalah orang lain atau cuek. Anda harus berusaha membangun hubungan yang baik dengan orang lain dengan memulai obrolan dan menyampaikan respon yang antusias pada lawan bicara Anda.

Kontak mata

Semua orang ingin merasa dihargai saat sedang berbicara. Salah satu cara untuk menunjukkan ketulusan hati adalah dengan selalu melakukan kontak mata. Lawan bicara Anda akan merasa lebih nyaman dalam berinteraksi dengan Anda.

Tepat waktu

Tentunya Anda merasa tidak suka ketika harus menunggu orang yang datang terlambat selama berjam-jam. Maka dari itu, diharapkan jangan melakukan hal ini kepada orang lain. Memang akan ada halangan di jalan yang membuat datang terlambat. Namun, Anda harus selalu berusaha untuk bisa datang tepat waktu.

Memuji

Anda akan sulit memuji seseorang jika di dalam hati Anda selalu ada rasa bangga berlebih alias narsis. Orang yang seperti ini biasanya tidak akan mudah mendapatkan teman. Oleh karenanya, batasi rasa bangga Anda terhadap diri sendiri agar jangan sampai membuat Anda enggan mengakui kehebatan orang lain.

Positive thinking

Selalu berpikir positif dengan apa yang terjadi disekitar kita adalah sesuatu yang menyenangkan. Berfikir positif akan memacu kita untuk melakukan hal-hal yang positif juga. Orang lain juga bisa merespon keberadaan kita, dan bisa diterima secara positif dalam pergaulan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)