Tips Ampuh Atasi Homesickness

30 Agustus 2010 Artikel Pendidikan


Homesickness atau rindu akan orang atau suasana rumah memang bukanlah sesuatu yang baru. Bahkan aktor Robert Pattinson yang tengah bersinar di Hollywood pernah mengakui bahwa ia sangat merindukan rumahnya di Inggris.

Homesickness kerap terjadi saat seseorang berada jauh dari keluarganya. Beberapa dari kita pastinya sempat merasakannya, baik itu pada saat kita harus berpisah dari keluarga untuk menempuh pendidikan atau terpaksa meninggalkan keluarga untuk bekerja.

Dalam sebuah penelitian yang ditulis oleh Chris Thurber dan Edward Walton yang telah dimuat pada jurnal American Academy of Pediatrics, homesickness didefinisikan sebagai keadaan saat seseorang merasa tak aman karena adanya perpisahan aktual dari rumah dan objek terkait seperti orang tua. Mereka yang merasakan hal itu akan mengalami beberapa gejala seperti cemas, sedih, gugup, dan pikirannya selalu dipenuhi segala sesuatu mengenai rumahnya, kata Thurber. Apabila Anda tengah mengalaminya, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan unutk mengatasi perasaan tersebut:

1. Menelepon rumah. Cara ini sepertinya terlihat biasa, tapi sebenarnya sangat afektif. Asalkan Anda tidak menelepon setiap waktu. Jangan menelepon lebih dari sekali dalam satu hari dan buatlah percakapan yang menyenangkan.

2. Kunjungi rumah. Mengunjungi rumah bisa menjadi kegiatan yang dapat mengisi energi Anda untuk kembali berkegiatan, selain karena makanan ibu yang lezat tentunya. Namun,jangan pulang terlalu sering karena dapat memperparah homesickness.

3. Pergi dengan teman. Terkadang menghabiskan waktu semalaman bersama teman dapat mengalihkan pikiran Anda dari orang rumah. Selain itu, Anda juga bisa relaks dan bersenang-senang.

4. Keluar dari kamar. Hanya berdiam di kamar dan memikirkan rumah akan membuat Anda tak dapat berinteraksi dengan orang atau mencoba hal baru. Lakukan kegiatan di luar kamar. Bila Anda mahasiswa, ikutlah dalam beberapa kegiatan kampus untuk menyibukkan diri supaya tak terlalu memikirkan rumah sekaligus juga untuk mendapatkan teman-teman baru.

5. Waktu akan berlalu. Pikirkanlah bahwa waktu akan cepat berlalu dan lambat laun Anda akan terbiasa dan mampu mengatasi perasaan rindu akan rumah. (Pri/OL-06)

Sumber: mediaindonesia.com