Tips Aman Menggunting Kuku Mungil Buah Hati Anda

15 Juli 2019 Artikel Pendidikan


Kuku merupakan bagian yang harus dirawat dan menjaganya tetap bersih. Terutama bagi si kecil. Karena kebanyakan kuman akan masuk melalui kuku yang panjang dan tanpa disadari si kecil seringkali memasukkan jarinya ke dalam mulutnya.

Memotong kuku si kecil terbilang gampang-gampang susah. Banyak pertimbangan yang harus dilakukan seperti pemilihan gunting kuku yang sesuai, ketelitian serta kesabaran dalam memotong kuku si kecil, dan lain sebagainya.

Tidak perlu khawatir, berikut merupakan tips bagi Anda yang ingin menggunting kuku si kecil:

Pencahayaan Cukup

Kuku bayi yang kecil pastinya membuat Anda sedikit kesulitan ketika mengguntingnya. Carilah tempat yang memiliki pencahayaan cukup. Karena menggunting kuku di cahaya yang kurang akan berisiko besar dan membahayakan si kecil.

Lakukan Sesudah Bayi Mandi

Disarankan bagi Anda yang ingin menggunting kuku si kecil, lakukanlah setelah mandi. Setelah mandi, kondisi kuku dalam keadaan lunak yang berarti akan mudah dipotong. Bisa juga lakukan ketika bayi terlelap sehingga risiko bayi terluka sedikit karena tidak banyak bergerak.

Menggunakan Gunting Kuku Khusus

Kini sudah banyak yang menjual gunting kuku khusus untuk batita sehingga tidak perlu khawatir akan luka yang diakibatkan gunting kuku. Gunting kuku ini akan lebih memudahkan ibu saat menggunting kuku bayi karena bentuk gunting yang melengkung.

Gunting Kuku Satu Per Satu

Menggunting kuku bayi memang memerlukan kesabaran. Anda harus berhati-hati saat menggunting kuku bayi satu per satu. Hindari untuk langsung menjajarkan kelima jarinya karena akan membuat Anda tidak fokus memegang tangan bayi. Hal yang harus diperhatikan ialah jangan terlalu pendek menggunting kuku si kecil karena dapat menimbulkan infeksi.

Menghaluskan Kuku Bayi

Setelah selesai menggunting semua kukunya, kikirlah dengan menggunakan kikir khusus bayi yang aman bagi kuku mungilnya. Lakukan secara perlahan, sesuaikan tenaga Anda secukupnya. Kikir kuku hingga bagian tajamnya menghilang dan hindari risiko kulit si kecil lecet akibat terkena kukunya sendiri.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)