Tips Aman dan Nyaman Bepergian Naik Pesawat Bersama Bayi Anda

31 Desember 2014 Artikel Pendidikan


Bepergian dengan menggunakan pesawat bersama si kecil bukan perkara mudah. Membawa bayi selama perjalanan udara memang butuh kesabaran ekstra dan penanganan yang tepat agar bayi tidak rewel selama perjalanan. Belum lagi dengan bawaan yang banyak serta merepotkan. Hal tersebut tentunya akan membuat perjalanan wisata Anda terganggu.

Namun, hal semacam itu bisa diatasi dengan melakukan persiapan matang sebelum melakukan perjalan panjang naik pesawat bersama bayi Anda.

Pilih jam penerbangan yang tepat

Perhatikan waktu terbang yang akan dipilih. Pilih jam penerbangan yang sama dengan jam tidur bayi agar si kecil tidur selama perjalanan sehingga tidak rewel.Sebagian besar orang menyatakan bahwa waktu terbaik naik pesawat dengan bayi adalah malam hari. Tapi, perlu juga dipertimbangkan kecenderungan bayi Anda.

Pilih kursi yang nyaman

Ketika hendak memesan tiket, sebaiknya ditanyakan terlebih dahulu kepada maskapai penerbangannya untuk memesan tempat khusus bayi. Pastikan Anda tidak duduk di barisan belakang karena cenderung bising akibat suara mesin pesawat.

Membawa makanan cadangan serta mainan si kecil

Pastikan Anda telah membawa semua keperluan bayi selama perjalanan. Siapkan juga untuk kemungkinan-kemungkinan buruk seperti penundaan penerbangan dalam waktu yang lama. Jadi bawalah persediaan ekstra dari yang dibutuhkan. Seperti susu formula atau makanan buatan sendiri. Selain hemat, juga menjadi cemilan sehat si kecil dalam perjalanan. Mainan atau dot juga bisa menjadi pengalih perhatian si kecil agar tidak rewel selama di perjalanan.

Kunci agar bayi tetap nyaman dan tidak rewel saat di pesawat adalah tidak membiarkannya kelaparan dan memastikan keamanannya. Sesekali ajak bermain ia dan menggendongnya jalan-jalan sehingga si kecil tidak bosan. Tidak lupa selalu memperhatikan kebersihan bayi Anda seperti mengganti pakaian dan popok si kecil agar bayi tetap nyaman.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)