Tips Agar Tidak Salah Pilih Jurusan Kuliah

24 April 2015 Artikel Pendidikan


Tahun demi tahun telah dijalani, semester demi semester telah dilalui hingga tidak sadar bahwa Ujian Nasional pun sudah dilewati dengan penuh perjuangan dengan memeras waktu, otak dan tenaga. Bagi siswa SMK/SMA setelah lulus sekolah pastilah mempunyai dua kemungkinan. Langsung terjun ke dunia kerja, atau kembali melanjutkan studi. Keduanya bukanlah perkara yang mudah, tentunya dengan tantangannya masing-masing. Ketika seorang memilih untuk melanjutkan studi. Pemilihan bidang studi adalah hal yang terpenting. Mengapa? Banyak di antara mereka, yang di kemudian hari merasa salah jurusan. Jikalau sudah begini, pastilah diri sendiri yang akan menjadi korban. Dari mulai kuliah yang berantakan, nilai berantakan, bahkan rentang waktu kuliah yang lebih panjang. Nah, diperlukan ketepatan dalam memilih jurusan saat kuliah, agar hal yang dicita-citakan dapat tercapai. Untuk itu, berikut beberapa tips memilih jurusan kuliah.

Pilih sesuai bakat dan keahlian

Mengapa hal ini penting, dengan mengetahui bakat dan keahlian, akan membuat seseorang lebih mudah dalam menentukan arah dan tujuannya termasuk arah dalam belajar. Jikalau Anda menyukai bidang-bidang sosial meskipun di SMA berasal dari jurusan IPA tidak ada salahnya memilih jurusan-jurusan sosial seperti ilmu hukum, publik relation, dan lain-lain. Dengan pemilihan jurusan sesuai bakat dan keahlian, tentunya akan membuat lebih bersemangat dan lebih mudah dalam belajar.

Sesuaikan dengan cita-cita Anda

Cita-cita adalah perwujudan mimpi dan harapan kita di masa yang akan datang. Dengan memiliki mimpi dan harapan, arah dan tujuan kita akan menjadi lebih jelas. Arah dan tujuan ini akan membantu kita memperjelas pilihan kita. Misal jika Anda bercita-cita menjadi seorang wartawan, maka belajarlah atau kuliahlah di bidang jurnalistik.

Jangan ikut-ikutan teman

Beberapa anak muda memang ada yang demikian. Alasannya, karena bingung memilih jurusan kuliah, atau ada lagi yang ikut-ikutan teman karena takut kehilangan teman, tidak ingin berpisah dengannya dan sebagainya. Jika jurusan yang dipilih ternyata tidak cocok dengan minat bakat tentu akan menyulitkan dalam menyelesaikan studi. Mereka yang tidak cocok ini akan merasa malas atau ogah-ogahan dalam menyelesaikan kuliah. Hal-hal seperti ini tentunya akan beresiko dalam proses pembelajaran saat kuliah.

Pahami kemampuan orang tua

Hal ini penting bagi Anda yang kuliah masih dibiayai orang tua, kecuali bagi mereka yang kuliah dengan ikatan dinas. Bicarakan dengan orang tua perihal keinginan atau tujuan mengambil jurusan dalam kuliah. Hal ini supaya terjadi kompromi sehingga dapat memunculkan solusi yang tepat atas permasalahan yang ada, termasuk biaya untuk menempuh studi. Tidak hanya soal biaya kuliah saja, bagi Anda yang harus kuliah di kuar kota harus diperhitungkan juga biaya hidup di kota tujuan. Jadi selalu libatkan orang tua dalam diskusi.

Pendidikan adalah hal yang penting, namun jika Anda sampai memilih pendidikan yang tidak sesuai dengan keinginan Anda, maka justru akan menimbulkan masalah bagi Anda. Selagi masih belum mulai belajar, pilihlah jurusan yang tepat sesuai minat Anda agar tidak putus ditengah jalan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)