Tips Agar Siswa untuk Patuh Terhadap Aturan Belajar

24 November 2016 Artikel Pendidikan


Proses pembelajaran di ruang kelas kadang-kadang tidak berjalan sebagaimana mestinya. Penyebabnya justru berawal dari siswa yang tidak mematuhi aturan belajar. Aba-aba dalam belajar berupa peringatan, suruhan dan larangan guru tidak dipedulikan oleh siswa.Pengelolaan kelas menjadi kunci utama keberhasilan proses pembelajaran. Siswa maupun guru harus mematuhi aturan dan prosedur pembelajaran mulai dari awal sampai akhir. Namun ketidakpatuhan siswa mengikuti aturan pembelajaran telah membuat suasana gaduh.Perilaku menyimpang yang ditunjukkan siswa telah mengganggu aktivitas belajar. Kadang-kadang guru merasa kesulitan dalam menguasai suasana belajar yang tidak kondusif.

Inilah masalah yang cukup pelik disamping masalah lainnya dalam pembelajaran. Siswa tidak mematuhi peraturan belajar yang ditetapkan oleh guru. Oleh sebab itu, berikut tips alternatif agar siswa patuh terhadap aturan belajar:

Pandangan mata seorang guru
Pandangan mata seorang guru harus mampu menyapu seisi ruangan kelas. Jangan sampai ada seorang siswa yang terlepas dari pantauan sang guru. Apabila ada seorang siswa yang terlihat melakukan tindakan menyimpang saat belajar maka sang guru akan dengan mudah mengarahkannya. Pemicu suatu kegaduhan di dalam kelas biasanya berawal dari pandangan guru yang hanya terfokus pada satu sisi atau pada kelompok siswa tertentu. Keadaan ini akan menjadika siswa lain merasa luput dari perhatian guru.Yang pada akhirnya siswa pun menjadi ribut dan ngobrol dengan temannya.

Cara guru dalam mengendalikan siswa
Mengendalikan suasana pembelajaran di kelas diperlukan suatu cara yang pas dan terarah. Namun yang perlu diperhatikan disini adalah bahwa setiap guru memiliki cara dan teknik berbeda antara satu dengan yang lainnya. Ada yang cerewet dan ada juga yang sedikit berbicaranya namun langsung to the point. Keduanya tidak bisa dipermasalahkan karena tergantung sikap pribadi dari setiap guru. Namun disini guru juga dapat memanfaatkan gerak-gerik anggota tubuh dalam mengendalikan siswa, seperti; gerak tangan, mimik wajah saat berbicara dan lain sebagainya. Cara ini terbilang cukup ampuh dalam rangka menjadikan siswa patuh terhadap aturan belajar, khususnya pada saat mengajar di kelas yang terkenal gaduh.

Suara guru memberi instruksi
Seorang guru memiliki suara dengan jenis dan ciri khas tersendiri. Ada yang terdengar keras namun ada pula yang terdengar lembut. Seorang guru yang suaranya lembut dan kurang keras, terkadang terkalahkan oleh suara para siswa yang sedang enak-enaknya ngobrol dan berbicara saat guru menerangkan suatu materi. Bertolak pada filosofi berkenaan dengan pengaruh suara seseorang, maka pendidik perlu memanfaatkan kondisi seperti ini dengan baik. Suara seorang guru dalam kegiatan pembelajaran mempengaruhi kepatuhan para siswa. Artinya, dalam memberi suatu instruksi, peringatan atau larangan harus terdengar jelas, berintonasi, tegas dan berwibawa.

Kharisma guru saat mengajar
Perlu diketahui bersama, kharisma seseorang akan menentukan pandangan orang lain dalam berkomunikasi. Begitu pula dalam kegiatan mengajar siswa di kelas. Kepatuhan para siswa terhadap instruksi gurunya dipengaruhi juga oleh seberapa besar karisma sang guru. Jika kharisma seorang guru sangat baik dan berwibawa maka siswa pun tidak bisa menolak dan akan patuh dengan instruksi gurunya, sebaliknya jika seorang guru tidak memiliki kharisma yang baik maka siswa pun akan nampak biasa saja dengan apa yang diberikan atau diperintahkan sang guru. Namun demikian, kharisma pada dasarnya tidak dapat dibuat-buat. Kharisma dari seorang guru akan muncul sendiri melalui suatu bentuk kebiasaan sehari-hari.

Itulah tips untuk siswa agar mematuhi aturan belajar. Bagaimana menurut pendapat Anda?

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)

Tags