Tips Agar Si Kecil Tidak Rewel Saat Mudik

2 Juni 2019 Artikel Pendidikan


Anak kecil atau balita seringkali tidak betah berada di jalan terlalu lama. Hal ini tentu akan merepotkan perjalanan ketika mudik. Apalagi jika perjalanan tersebut merupakan perjalanan panjang pertama bagi anak. Masalah yang sering muncul saat mengajak anak melakukan perjalanan luar kota yang memakan waktu berjam-jam adalah mabuk darat, laut maupun udara.

Lantas bagaimana cara mengatasi si kecil agar tidak rewel saat perjalanan? Berikut tipsnya:

Tidak bawa banyak barang
Pastikan ada cukup ruangan untuk si kecil bergerak. Tidak perlu terlalu memaksakan seluruh barang dimasukkan ke dalam kendaraan. Jika terlalu penuh barang, anak akan merasa tidak nyaman dan rewel di jalan.

Mainan dan games
Agar di perjalanan si kecil bisa punya kegiatan, download games di gadget Anda atau bawalah mainan si kecil.

Siapkan lagu-lagu favorit
Ajak si kecil bernyanyi dengan riang, agar tidak merasa bosan.

Sediakan makanan ringan dan obat-obatan
Sediakan makanan ringan, air putih, dan buah dalam jumlah yang cukup supaya anak tidak rewel karena kelaparan di jalan. Serta obat-obatan untuk jaga-jaga jika si kecil sakit.

Pilih tempat istirahat yang memiliki area bermain
Saat pergi dengan anak yang masih balita sebaiknya pilih tempat pemberhentian yang ada kawasan bermainnya. Sebelumnya, Anda bisa mencari dulu di internet serta bertanya pada kerabat dekat area mana saja yang bisa jadi tempat pemberhentian saat mudik dengan anak-anak.

Berangkat malam hari
Jika perjalanan mudik Anda cukup jauh, sebaiknya berangkat malam hari agar anak bisa tidur. Perjalanan pagi hari walaupun cukup membuat anak senang karena mereka dapat melihat pemandangan akan berisiko membosankan. Anak bisa tiba-tiba minta turun karena bosan.

Sudah siap untuk mudik?

Semoga bermanfaat!

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)