Tips Agar Lapang Dada Menerima Kegagalan

24 Desember 2014 Artikel Pendidikan


Apa yang Anda pikirkan ketika rencana yang diimpi-impikan telah gagal? Kecewa, sedih bahkan marah akan mengisi benak Anda saat itu. Namun, sebaiknya kita legowo alias ikhlas menerima kenyataannya. Memang, kelihatanya simple untuk berkata masih ada hari esok dan hari-hari berikutnya untuk dapat merebut impian. Memang tidak mudah untuk kembali bangkit dari sesuatu yang rasanya pahit dan sulit untuk melupakan kegagalan dalam hidup. Tapi kita harus coba berfikir dewasa untuk mengatasi itu semua karena kita sadar langkah kita tidak hanya berhenti disini saja dan harus menanamkan bahwa ada hal yang lebih indah yang kita dapatkan lebih dari kegagalan.

Mungkin kita tidak dapat menyerap semua pelajaran yang diterima dari kegagalan, namun tetap saja hal tersebut menjadi harta tak ternilai untuk kita. Kegagalan juga menjadi momen yang tepat dimana kikta merenungkan kembali tujuan awal, melihat di sekeliling dan memutuskan alasan mengapa kita tidak boleh menyerah. Bagian yang paling baik dari sebuah kegagalan adalah kita akan dibawa ke sebuah jalan yang belum pernah ditemukan sebelumnya.

Seringkali juga saat mengalami suatu kegagalan, kita cenderung berpikir "seandainya saya belajar lebih giat", "Seandainya....", dan sebagainya. Hal itu menandakan bahwa kita adalah orang yang tidak bisa menerima kenyataan. Hal ini dapat menimbulkan perasaan tidak tenang dalam menghadapi berbagai cobaan serta masalah hidup terutama kegagalan. Apabila kita mencoba berpikir lebih dalam, banyak orang menderita bukan karena kenyataan yang terjadi tetapi karena tidak bisa menerima kenyataan tersebut. Oleh karena itu, apabila kita sudah siap untuk menerima berbagai cobaan dari awal dan bukan di akhir, maka kita akan menjadi lebih tenang dan lebih siap dalam menghadapi berbagai ujian dalam hidup kita.

Apabila kita pikirkan baik-baik. Setiap kita mendapatkan masalah, pada umumnya kita menderita karena pikiran kita sendiri. Banyak orang menderita karena memikirkan yang belum ada dan bukan mensyukuri yang sudah ada. Oleh sebab itu seperti dijelaskan diatas bahwa percayalah dibalik kegagalan yang kita terima ada bunga-bunga indah yang menanti kita.

Semoga bermanfaat!

Oleh: Ariyanti S
(Dikutip dari berbagai sumber)
Tags