Tips Agar Anak Semangat Kembali ke Sekolah Usai Liburan

24 Juli 2015 Artikel Pendidikan


Liburan memang menyenangkan bagi anak-anak, karena setelah kegiatan sekolah berbulan-bulan yang padat dengan belajar dan aktivitas terkait lainnya, anak-anak bisa memiliki waktu liburan yang bisa diisi dengan kegiatan yang mereka sukai. Liburan biasanya diisi dengan bersantai di rumah maupun pergi berwisata ke suatu tempat. Tidak jarang pula keluarga yang meluangkan waktu untuk mengunjungi sanak saudara maupun kerabat saat liburan sekolah.

Namun, liburan sekolah yang menyenangkan ternyata tidak selalu menimbulkan efek positif saat anak harus memulai hari pertama sekolah kembali setelah liburan panjang. Biasanya anak akan malas bangun tidur hingga tidak mau sekolah. Ada juga yang malas-malasan di hari pertama sekolah karena masih terbiasa dengan kegiatan sehari-sehari yang santai saat liburan panjang.

Berikut tips yang dapat Anda lakukan agar anak semangat kembali ke sekolah:
1. Membiasakan Tidur Awal

Liburan panjang sering membuat anak tidak tidur seperti jadwal biasanya karena tidak harus pergi ke sekolah di keesokan harinya, sehingga mereka merasa dapat tidur larut malam. Kebiasaan ini sebaiknya tidak lakukan dan anak sebaiknya tetap tidur di jadwal seperti biasa seperti halnya saat tidak libur panjang. Jika dalam perjalanan wisata terganggu, usahakan untuk mengatur jadwa tidur awal beberapa hari atau minggu sebelum mereka kembali masuk sekolah.

2. Siapkan Perlengkapan Sekolah
Mempersiapkan perlengkapan sekolah beberapa hari sebelum hari pertama masuk sekolah setelah libur panjang sangat disarankan. Misalnya menyiapkan seragam sekolah yang sudah tercuci dan terseterika rapi, hingga alat tulis dan perlengkapan lainnya. Hal ini agar anak Anda tahu bahwa hari masuk sekolah sudah dekat dan tidak malas-malasan.

3. Tidak Bangun Siang
Siapa yang tidak suka bangun siang kala libur panjang? Begitu pula anak anak yang senang karena tidak harus bangun di pagi hari untuk bersekolah, terkadang kebiasaan bangun siang ini berlanjut hingga hari pertama masuk sekolah. Biasakan beberapa hari atau minggu sebelum hari masuk sekolah, agar anak tidak bangun siang dan bangun pagi secara rutin.

4. Tetap Belajar
Di saat liburan panjang, mungkin sebagian besar anak memilih untuk bersenang-senang dan sesaat melupakan kegiatan belajar yang selama ini rutin mereka lakukan. Anda dapat menyarankan mereka untuk tetap belajar walau tidak sesering biasanya, misalnya 3 kali seminggu, dengan membuka kembali pelajaran sekolah maupun mempersiapkan pelajaran yang kan mereka dapatkan di kelas baru.

5. Isi Liburan dengan Kegiatan yang Bermanfaat
Mengisi liburan dengan kegiatan atau aktivitas yang berhubungan dengan pelajaran di kelasnya dapat menjadi cara ampuh agar anak semangat untuk kembali ke sekolah. Seperti pergi ke museum atau situs sejarah, ,membuat eksperimen, membuat hasil kerajinan tangan, berlatih musik, hingga tebak-tebakan ilmu pengetahuan.

Itulah beberapa tips agar anak dapat kembali bersemangat sekolah saat waktu liburannya telah usai.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)