Tipe Kepribadian Anda Dapat Dikenali Melalui Selera Musik Loh!

23 Maret 2014 Artikel Pendidikan


Setiap orang pasti memiliki selera dalam menyukai suatu karya seni terutama musik. Selera musik dan tipe kepribadian ternyata berkaitan sangat erat. Berdasarkan suatu riset berskala dunia, musik favorit bisa jadi merupakan cermin kepribadian diri Anda. Penelitian ilmiah tentang hubungan selera musik dengan kepribadian dilakukan Professor Adrian North dari Heriot-Watt University. Dengan melibatkan puluhan ribu orang di seluruh dunia, ia mengklaim risetnya sebagai penelitian terbesar untuk jenis riset serupa yang pernah dilakukan sebelumnya.

Kepada BBC, North menggambarkan risetnya ini sebagai suatu hal yang mengejutkan dan signifikan. "Kami selalu menduga adanya hubungan antara selera musik dan kepribadian. Ini adalah untuk pertamakalinya bahwa kami telah berhasil menelitinya dalam detil yang nyata. Belum pernah ada satu pun yang meneliti dengan skala seperti ini sebelumnya," tegasnya.

Hasil temuan paling menarik dari riset North adalah adanya kemiripan antara penggila musik klasik dan heavy metal. "Salah satu yang paling mengejutkan adalah adanya kesamaan antara penggemar musik klasik dan heavy metal. Mereka sama-sama kreatif, tenang tetapi tidak outgoing," ungkapnya.

North juga menyatakan riset ini akan sangat berguna bagi kepentingan marketing. "Jika Anda memahami selera musik seseorang, maka Anda akan dapat mengatakan seperti pada pribadinya, siapa dan menjual apa," tambahnya.

Dalam risetnya, North meminta lebih dari 36.000 partisipan dari seluruh dunia untuk merata-ratakan 104 jenis musik. Mereka juga ditanya mengenai aspek kepribadian. Riset ini masih akan berlanjut dan Prof North, yang juga Dekan Fakultas Psikologi Heriot-Watt University, berencana melibatkan partisipan untuk ikut ambil bagian mengisi kuisioner singkat secara online.

Musik dan Tipe Kepribadian Anda:

ROCK/HEAVY METAL: Percaya diri rendah, kreatif, bukan pekerja keras, tidak outgoing, gentle, tenang

JAZZ: Percaya diri tinggi, kreatif, outgoing dan tenang

BLUES: Percaya diri tinggi , kreatif, outgoing, gentle dan tenang

REGGAE: Percaya diri tinggi, kreatif, bukan pekerja keras, outgoing, gentle dan tenang

CLASSIC: Percaya diri tinggi, kreatif, introvert dan tenang

RAP: Percaya diri tinggi, outgoing

POP: Percaya diri tinggi, tidak kreatif, pekerja keras, outgoing, gentle, tidak tenang

OPERA: Percaya diri tinggi, kreatif, gentle

COUNTRY dan WESTERN: Pekerja keras, outgoing

DANCE: Kreatif, outgoing, tidak gentle

INDIE: Percaya diri rendah, kreatif, bukan pekerja keras, tidak gentle

SOUL: Percaya diri tinggi, kreatif, outgoing, gentle, tenang

BOLLYWOOD: Kreatif, outgoing

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)