Tingkatkan Kemampuan Siswa dengan Teknik K-W-L!

8 Oktober 2015 Artikel Pendidikan


Tahukah Anda prior knowledge? Prior knowledge dapat diartikan sebagai kemampuan awal yang dimiliki oleh seseorang yang bisa dijadikan sebagai titik tolak untuk melihat perubahan dan perkembangan perilaku yang terjadi setelah orang tersebut mengikuti pembelajaran. Prior knowledge tidak hanya berkaitan dengan pengetahuan, namun juga menyangkut sikap dan pengalaman yang didapat dari seorang pelajar.

Prior knowledge ini memiliki peran penting dalam proses pembelajaran. Prior knowledge memberikan kesempatan pada siswa untuk mengingat kembali tentang apa saja yang mereka pahami. Lantas bagaimana cara mengaktifkan prior knowledge dalam proses pembelajaran?

Ada satu cara yang disebut dengan teknik K-W-L (Know - What - Learn). Teknik K-W-L yaitu suatu teknik pengantar yang menyediakan struktur dalam bentuk tabel untuk membantu siswa mengingat apa yang diketahui, mencatat apa yang ingin diketahui, dan mencatat aktivitas belajar apa yang akan dilakukannya.

Buatlah 3 kolom dalam satu lembar kertas, yaitu:

- Kolom kiri (K=know) adalah tempat bagi peserta didik untuk menuliskan tentang apa saja yang telah mereka ketahui tentang topik yang sedang mereka hadapi.

- Kolom tengah (W=want) adalah tempat bagi peserta didik untuk menulis beberapa gagasan tentang apa yang mereka ingin ketahui/pelajari sehubungan dengan topik tadi. Guru boleh merangsang peserta didik dengan mengajukan pertanyaan ringan yang relevan dengan topik.

- Kolom kanan (L=learn) adalah tempat bagi peserta didik untuk menulis rencana aktivitas belajar mereka sesuai dengan topik yang mereka pelajari. Pada akhir session maka peserta didik diminta untuk membuat refleksi tentang apa saja yang telah mereka peroleh dalam konteks knowledge dan skills"

Namun seiring berjalannya waktu, teknik ini terus dikembangkan hingga akhirnya ditambah menjadi K-W-H-L-W (Know-What-How-Learn-Wander), dimana H(How) merupakan bagaimana siswa dapat menemukan informasi yang dibutuhkan dan W(Wander) tentang pertanyaan yang diajukan oleh siswa mengenai hal yang mereka dapatkan.

Berikut contoh model table teknik K-W-H-L-W:


Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)
Tags