Tingkatkan Daya Ingat dengan Kebiasaan Baik

30 Juli 2012 Artikel Pendidikan


Lupa adalah kebiasaan yang kerap terjadi pada kebanyakan orang. Tidak mengenal usia pasti sifat ini sering dirasakan orang.

Lupa dapat mengakibatkan suatu aktivitas yang semula direncanakan oleh diri sendiri dapat menghambat aktivitas sendiri bahkan membuat rencana anda berantakan. Selain berantakan, dapat merugikan orang lain. Pastinya anda tidak mau kan hal ini terjadi?

Disini, ada beberapa tips yang dapat anda coba untuk melatih daya memori anda.

1. Aturlah Informasi
Cara ini dapat memperingan anda dalam mengingat sesuatu. Cara tersebut dapat dilakukan dengan mengorganisir ingatan dalam berbagai golongan.seperti menghafal kalimat asing dan gabungkan dengan kategori yang sesuai berhubungan dengan kalimat asing tadi.dengan seperti itu informasi yang didapat dari pengajar dapat diterima bertahap daipada dicerna secara acak.

2. Tingkatkan daya ingat dengan gambar.
Kebanyakan orang lebih dominan untuk mengingat dengan menggunakan gambar dari pada teks karena dengan gambar, imajinasi orang untuk berpikir lebih beragam.untuk mencapai suatu rencana , digunakanlah visualisasi. Dengan cara seperti ini viusalisasi akan meresap dalam pikiran anda dan mendukung anda menambah daya ingat anda.

3. Saringlah data dari informasi.
Penyampaian dari seorang guru atau pembina terkadang membuat kita tidak mengerti dengan informasi yang diberikan. Cara yang dapat anda lakukan jika menemukan kendala seperti itu adalah sediakan buku kecil, kemudian buatlah rangkuman menggunakan gaya bahasa anda sehingga nantinya akan mudah dimengerti dan dipahami oleh anda sendiri.

4. Manfaatkan akronim dalam ingatan anda
Dalam mengingat sesuatu , kebanyakan orang menggunakan singkatan karena singkatan dinilai lebih praktis dan efektif dalam waktu yang singkat karena saat ujian waktu menghafal lebih mudah diingat.

5. Evaluasi ulang informasi yang didapatkan.
Terkadang jika ada hal yang mendadak seperti ujian, siswa supaya bisa menghindari remedial, menganut belajar kebut semalam merupakan kebiasaan belajar yang kurang baik. Supaya tidak terjadi hal seperti itu, solusinya adalah tinjau kembali catatan yang beberapa waktu yang lalu untuk dipelajari.dengan cara seperti ini, otak mampu merekam semua pelajaran yang sudah dievaluasi dengan baik.

6. Aktif dalam belajar
Supaya anda mengingat suatu konsep yang terdapat dalam pembelajaran, anda sendiri harus memiliki inisiatif yang besar untuk aktif belajar. Salah satu untuk menambah daya ingat anda adalah berbagi ilmu kepada teman yang belum mengerti dalam pelajaran yang anda pahami. Dengan cara ini , anda dapat mengingat kembali pelajaran yang sebelumnya anda pelajari.

Lupa dalam belajar bisa dihilangkan dengan kebiasaan yang baik sehingga meningkatkan daya ingat anda sehingga menguntungkan diri anda dan orang lain.

(Dikutip dari berbagai sumber)