Tidak Menemukan NISN Lewat Online? Ikuti Petunjuk Ini

8 Februari 2013 Artikel Pendidikan


Pentingnya NISN (Nomor Induk SIswa Nasional) ternyata juga dirasakan oleh beberapa orang termasuk anak-anak yang masih mengenyam pendidikan. NISN memiliki manfaat yang vital bagi pelajar yang ingin melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi. Manfaat dari NISN adalah sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: BOS (Bantuan Operasional Sekolah), Ujian Nasional, Pangkalan Data dan Informasi Pendidikan, Sistem Informasi Manajemen Sekolah hingga Beasiswa.

Selain itu, NISN Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi unit-unit kerja di Depdiknas, Dinas Pendidikan Daerah hingga sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini dan mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.

Tanpa NISN, pelajar mungkin tidak akan bisa melanjutkan studinya karena dianggap lulus tidak resmi oleh Kemendiknas.

Untuk itu Kemendiknas telah menetapkan website sebagai tempat untuk pencarian NISN siswa di situs http://nisn.data.kemdiknas.go.id .

Namun pada akhir-akhir ini banyak siswa yang kesulitan dalam mencari NISN bahkan saat dicari tidak ditemukan. Padahal NISN ini perlu digunakan untuk akses Ujian Nasional.

Mungkin sebagian besar orang belum tahu bagaimana memperoleh NISN. Tapi teman-teman tenang saja karena di artikel ini akan diberikan solusi untuk memperoleh NISN dan mengubah Biodata NISN, . Bagaimana caranya? Berikut petunjuk yang dapat disimak:

1. Jika teman-teman tidak menemukan NISN, silakan unduh terlebih dahulu Formulir Peserta Didik (F-PD) dan formulir A.1 (namun untuk menperbaiki biodata NISN dapat mengunakan formulir A.3), pengajuan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) baru pada situs NISN http://nisn.data.kemdiknas.go.id lalu pilih menu FORMULIR PENGAJUAN

2. Jika sudah menemukan Formulir Pengajuan kemudian print atau cetak formulir yang dibutuhkan dalam pengisian data. Untuk pengajuan NISN baru dapat mencetak formulir A.1 tapi jika ingin memperbaiki profil NISN, cukup print pada formulir A.3 saja.

3. Isi formulir tersebut secara manual /tulis tangan

4. Serahkan formulir tersebut kepada operator NISN/NPSN sekolah di sekolah anda berasal.

5. Untuk pihak sekolah dapat mengirim formulir A.1. tersebut ke PDSP melalui email: nisn_pdsp@yahoo.com untuk diberikan NISN.

Nah, mudah bukan ! Semoga informasi ini dapat membantu. Silahkan mencoba!

(Dikutip dari berbagai sumber)