Tetap Semangat Bekerja Meski Menjalankan Ibadah Puasa

15 Mei 2018 Artikel Pendidikan


Puasa bukan alasan untuk bisa bermalas-malasan, bukan berarti menghabiskan waktu seharian di tempat tidur. Bukan berarti karena puasa kita menghentikan aktivitas sehari-hari atau tidak melakukan aktivitas seperti biasanya. Di bulan suci ramadhan kita menjalankan puasa sebulan penuh, tentunya hal ini memang merupakan sebuah tantangan bagi kita yang mengharuskan untuk tetap sibuk bekerja apalagi jika harus mengeluarkan banyak tenaga pastinya akan membuat kita menjadi kurang bersemangat, lemas menjalankan puasa, juga membuat produktivitas kerja menurun.

Tetapi dalam melakukan sebuah pekerjaan tentu kita tetap harus profesional, bekerja dengan sungguh-sungguh agar pekerjaan kita dapat terselesaikan dengan baik. Lantas bagaimana cara agar kita tetap semangat bekerja meskipun kita sedang menjalankan ibadah puasa?

Mengkonsumsi Air Putih yang Cukup Saat Sahur
Air putih berperan penting bagi tubuh kita, kekurangan mengkonsumsi air putih akan membuat tubuh kita kekurangan cairan atau dehidrasi. Dampak lain akibat kurang minum adalah kurang fokus saat bekerja, tubuh menjadi mudah lelah, mudah lemas karena kekurangan energi juga masih banyak dampak buruk akibat kekurangan mengkonsumsi air putih. Oleh karena itu agar tubuh tetap berenergi dan tidak mengalami dehidrasi ditambah kita menjalani puasa seharian sangat dianjurkan untuk lebih banyak mengkonsumsi air putih ketika sahur.

Bekerja dengan penuh kegembiraan
Nikmati apapun pekerjaan Anda. Hal ini sangat penting untuk dilakukan oleh siapapun, karena ketika seseorang bekerja dengan penuh kesenangan dan kegembiraan maka rasa lelah pun tidak akan terasa. Jadi mencintai pekerjaan, bekerja dengan penuh rasa senang dan niatkan pekerjaan yang kita lakukan sebagai ibadah.Tentunya bila kita mencintai pekerjaan kita, kita akan bekerja dengan penuh keikhlasan sehingga kita pun akan bekerja dengan penuh semangat.

Efektifitas dalam bekerja
Menghemat energi saat sedang menjalankan puasa tentu hal wajib yang harus dilakukan agar tubuh tidak mudah loyo. Oleh karena itu hindarilah melakukan kebiasaan seperti menumpuk atau menunda-nunda pekerjaan yang akan berakibat pada semakin banyaknya pekerjaan yang harus kamu kerjakan. Kerjakanlah setiap pekerjaan dengan perlahan, dan berhentilah sejenak bila sudah merasa lelah.

Selingi pekerjaan dengan hal menyenangkan
Banyak cara yang bisa Anda coba lakukan untuk menghindari atau mengatasi rasa bosan ketika melakukan pekerjaan seperti mendengarkan musik, menonton video comedi atau melakukan hal lain yang menurut Anda menyenangkan.

Atur jam istirahat
Cukup istirahat juga hal yang penting dilakukan, karena kurangnya jam istirahat tentu membuat stamina tubuh Anda menurun sehingga berpengaruh juga pada produktivitas bekerja. Maka dari itu, tidur lebih awal bisa menjadi solusi untuk membuat energi tetap full. Istirahat terbaik adalah cukup tidur.

Semoga kita semangat dalam bekerja meskipun sedang berpuasa. Selamat menjalankan ibadah puasa.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)