Termasuk Tipe Orangtua Seperti Apakah Anda?

5 September 2019 Artikel Pendidikan


Kehadiran anak adalah kebanggaan bagi orangtua. Anak diharapkan dapat membanggakan dan menjaga nama baik keluarga sehingga tidak heran apabila orangtua menginginkan segala yang terbaik bagi anak-anaknya, baik dalam aspek sosial, pendidikan, ekonomi, bahkan untuk masa depan sang buah hati. Tidak jarang juga orangtua membekali anak-anaknya dengan sejumlah nasihat, ajaran, saran, bahkan aturan keras yang diharapkan dapat membuat sang anak bertumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang berkarakter baik.

Fenomena yang kerap kali terjadi adalah orangtua ingin anak mengikuti kemauannya dan menganggap dirinya yang paling benar dan kurang mendengarkan isi hati sang anak. Anak yang sedang beranjak memasuki masa remaja tentunya ingin mengenal hal-hal baru yang ada disekitarnya. Anak ingin merasakan pengalaman baru dan unik. Namun tidak jarang ada anak tidak dapat merasakan hal-hal baru tersebut akibat berada dalam kendali orangtua yang otoriter. Orang tua memiliki berbagai karakter dalam mengasuh anak. Kita mungkin sudah melihat banyak orang tua yang sangat protektif terhadap anaknya, akan tetapi ada tipe orang tua lain yang memiliki karakter berbeda.

Ini beberapa tipe orang tua yang mungkin menjadi tipe Anda:
Tipe Helikopter
Orangtua tipe ini terlalu melindungi anak. Mereka ingin masuk ke dalam semua bagian hidup anak, meskipun sudah dewasa sekalipun. Dalam bayangan mereka, anak pasti selalu membutuhkan bantuan mereka. Sayangnya, gaya pengasuhan ini akan membuat anak terlalu tergantung pada orangtuanya dan juga manja. Dalam beberapa hal, anak akan merasa malu karena orangtuanya terlalu ikut campur dalam hidupnya. Hal ini akan membuat anak-anak merasa depresi.

Tipe Harimau
Menurut Amy Chua, profesor dari Harvard University, orangtua tipe ini adalah orangtua dengan disiplin yang tinggi dan punya banyak aturan ketat. Misalnya, anak tidak boleh makan malam sebelum mengerjakan PR atau belajar.

Tipe Dinosaurus
Tipe seperti ini merupakan jenis orangtua yang kolot, tidak bisa diajak bernegosiasi. Hal ini sangat menyulitkan anak. Orangtua tipe ini juga sulit mengakui perkembangan zaman dan kurang akrab dengan teknologi.

Tipe Serigala
Orangtua jenis ini tidak mudah percaya pada anak. Mereka bukanlah orang yang mudah ditipu. Ketika anak berjanji akan pulang sebelum pukul 22.00 dan setelah lewat jam yang dijanjikan, orangtua akan menelepon dan menuntuk anaknya segera pulang. Ketika anak beralasan tentang jam pulangnya yang tidak sesuai janji, orangtuanya tidak mau percaya begitu saja dan cenderung tidak peduli apapun alasannya.

Tipe Anjing
Orangtua tipe ini sangat suka mengomentari segala hal di sekitarnya. Ia membuat komentar yang menyebalkan tentang siapa saja. Ini memang tidak berbahaya, tapi jika si anak mendengar orangtuanya berkomentar di depan orang lain, hal ini akan cenderung membuat anak merasa malu.

Tipe Cyborg
Tipe ini kebalikan dari tipe dinosaurus, mereka selalu menggunakan alat-alat elektronik. Mereka kadang lebih sibuk dengan peralatan elektroniknya ketimbang mengurus anak. Sayangnya, seringkali pengasuhan orangtua jenis ini terlalu mengandalkan gadget, seperti si kecil diberi gadget untuk bermain agar tidak mengganggu dirinya sendiri.

Tipe Bulan
Pola asuh tipe ini mungkin kelihatannya normal. Mereka memang sangat mencintai, mendukung, dan ramah pada anak-anaknya. Sayangnya seringkali mereka tidak tahu tentang perkembangan dunia sehingga tidak bisa melihat kemana arus anaknya bermuara. Padahal anak pasti berharap orangtuanya up to date sehingga mereka pun bisa tahu banyak hal.

Tipe Volcano
Orangtua tipe ini memang pendiam. Selama bertahun-tahun mereka diam dan membebaskan anak untuk melakukan apa yang mereka inginkan. Namun, jika anak melakukan kesalahan yang sama dan sulit dimaafkan, maka orangtua tipe ini bisa meledak kemarahannya. Orangtua volcano hanya meledak sekali seumur hidup jika si anak sudah keterlaluan, berbeda dengan orangtua serigala yang sering berbuat hal tersebut.

Tipe Zombie
Orangtua tipe ini seringkali berkomunikasi melalui bahasa tubuh, gerakan tangan, ataupun dengusan. Kelihatannya orangtua tipe ini tidak peduli dan cuek, namun keputusan mereka tidak bisa dilawan.

Jadi, Anda tipe yang mana? Tidak ada tipe pengasuhan orangtua yang sempurna. Namun melalui pengetahuan ini, sedikit banyak Anda menjadi tahu tipe seperti apa pengasuhan Anda, apa kekurangannya, dan cobalah untuk memperbaiki hal tersebut demi anak-anak mendapatkan yang terbaik.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)