Tempat Wisata Alam di Jogjakarta

23 Desember 2014 Artikel Pendidikan


Sebentar lagi, liburan akan tiba nih! Apa Anda sudah menentukan tempat liburan Anda? Jika belum, artikel ini dapat menambah info tempat liburan Anda, khususnya bagi Anda pecinta alam.

Yogyakarta merupakan salah satu kota tujuan wisata yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun asing. Berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah bagian selatan, Yogyakarta mempunyai banyak tempat wisata menarik dan bersejarah. Selain tempat bersejarahnya yang terkenal, wisata alam di Yogyakarta tidak kalah meraiknya loh! Dimana sih tempat wisata tersebut? Yuk simak info berikut!

Gunung Merapi

Mendaki gunung berapi paling aktif di Indonesia mempunyai tantangan tersendiri. Pemandangan gunung Merapi selalu terlihat indah dan menantang untuk ditaklukki. Walau sudah tidak diperbolehkan mendaki sampai puncak gunung, Anda bisa melakukan lava tour dengan menyewa jeep willys mengelilingi desa yang telah terkena letusan gunung Merapi.

Kaliurang

Kaliurang telah menjadi objek wisata favorite di Sleman yang berada di lereng Merapi. Udara yang sejuk dan segar serta pemandangan alam yang indah menjadi daya tarik utama tempat wisata tersebut. Di Kaliurang Anda dapat membangun kemah hingga menyewa sebuah vila peninggalan Belanda.

Gua Pindul

Menyusuri sungai di bawah tanah dengan ban pelampung, atau yang disebut cave tubbing, akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Selama sekitar satu jam Anda akan diajak menyusuri ketenangan di dalam perut bumi. Berbagai ornament gua seperti stalagtit dan stalagmite menghiasi sepanjang lorong gua.

Air Terjun Sri Gethuk

Pemandangan ngarai dengan sungai mengalir ditengahnya bisa Anda nikmati di tempat wisata alam ini. Anda bisa berjalan di pinggirnya dan memandangi panorama persawahan yang menyejukkan. Selain itu, Anda juga bisa menyusuri Sungai Oya dengan menaiki rakit. Tak perlu waktu lama untuk sampai di Air Terjun Sri Gethuk. Puaskan bermain air di bawah derasnya aliran air terjun.

Wanagama

Gunung Kidul yang terlihat tandus ternyata mempunyai hutan yang hijau. Itulah Wanagama, lahan tandus yang direboisasi hingga kini sudah hijau kembali. Di areanya juga terdapat tiga sungai yaitu Sungai Oya, Sendang Ayu, dan Banyu Tibo. Anda dapat memuaskan diri menjelajahi hutan dengan beragam jenis tanaman tersebut.

Semoga bisa menambah wawasan wisata Anda!

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)