Teman Pengaruhi Motivasi dan Prestasi Anak

15 Juni 2018 Artikel Pendidikan


Banyak Teman Bikin Anak Makin Pintar

Penelitian mengungkap, siswa yang memiliki banyak teman di sekolah memiliki rata-rata nilai yang tinggi ketimbang pelajar yang memiliki sedikit teman.

Peneliti dan Psikolog dari Willamette University mengungkap dari hasil riset yang melibatkan kelompok remaja, individu yang memiliki banyak teman di grup dan di luar grup itu mencatat nilai rata-rata tinggi. Hal itu dikarenakan, teman-teman di sekolah cenderung berorientasi prestasi dan mendukung kegiatan yang menunjang prestasi tersebut. Meski begitu, hasil riset tidak bermaksud mengatakan teman-teman dari luar sekolah tidak menguntungkan.

Dalam bereaksi dengan teman bisa mulai sangat dekat bahkan sebagai sahabat sampai dengan yang biasa-biasa saja. Untuk pertemanan yang biasa-biasa saja mungkin tidak berpengaruh besar, atau bahkan berpengaruh positif kalau sifat pertemanan itu mendiskusikan mapel. Tetapi pertemanan yang sudah dekat/sahabat, maka frekuensi pertemuan lebih sering dan bahan pembicaraan sudah bervariasi, tidak hanya mapel tapi hal-hal yang saling disukai, bahkan akan banyak menyita waktu untuk belajar ketika sifat pertemanan sudah mengambil waktu untuk jalan-jaln ke mall, atau keperluan memenuhi kesenangan atau hobi yang sama dan itu sama sekali tidak ada hubungan dengan mapel. Dampaknya sudah bisa diduga perhatian ke mapel berkurang, sering PR tidak dikerjakan atau asal membuat karena kurang konsentrasi. Akibatnya prestasi bisa menurun.

Menurut Ki Hajar Dewantara lingkungan pergaulan dibagi menjadi tiga yang lebih dikenal dengan tripusat pendidikan, yaitu:

Lingkungan Keluarga

Lingkungan keluarga merupakan miniature dari masyarakat dan kehidupannya sehingga pengenalan anggota keluarga sedikit banyak pasti akan memberi warna pada pandangan anak terhadap hidup bermasyarakat. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam lingkungan keluarga antara lain: status sosial ekonomi, suasana belajar, pola asuh orang tua, dan dukungan orang tua.

Lingkungan Sekolah

Sekolah merupakan tempat dimana anak melakukan kegiatan belajar secara arah dan terprogram dengan baik. Pergaulan sekolah berati segala kegiatan antara guru dengan siswa yang meliputi kegiatan pembelajaran, interaksi sosial serta komunikasi personal antar warga sekolah. Sehingga lingkungan pergaulan sekolah adalah lingkungan di mana guru dan siswa melakukan kegiatan belajar mengajar serta interaksi sosial dan komunikasi personal antar warga sekolah.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dilingkungan sekolah antara lain: suasana belajar mengajar, sarana dan prasarana belajar, cara mengajajar, teman satu sekolah

Lingkungan Masyarakat

Lingkungan masyarakat merupakan lingkungan yang berada di sekitar siswa yang akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan siswa termasuk mempengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar. Lingkungan masyarakat yang dapat mempengaruhi antar lain: pola hidup masyarakat, teman bergaul dan media massa.

Prestasi adalah suatu tingkatan hasil yang diperoleh melalui serangkaian kegiatan proses belajar. Belajar merupakan aktivitas yang dilakukan secara sadar dan aktif sehingga menghasilkan perubahan dalam tingkah laku, sikap, kecakapan, keterampilan dan bertambahnya pengetahuan yang bukan disebabkan oleh proses pertumbuhan yang bersifat biologis dan perubahan tersebut bersifat konstan dan tahan lama. Jadi pengertian dari prestasi belajar adalah hasil maksimal yang dicapai dengan adanya perubahan dan perkembangan diri seseorang yang dinyatakan dalam cara-cara bertingkah laku.

Nah, jadi untuk orang tua yuk perhatikan si kecil berteman dengan siapa.

Semoga bermanfaat!

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)