Teknik Mengasah Ketajaman Otak

21 Maret 2018 Artikel Pendidikan


Daya ingat adalah proses untuk menyimpan informasi atau pengetahuan yang diperoleh dalam jangka waktu lama agar dapat mengingatnya kembali ketika dibutuhkan. Dalam menyerap informasi, kita sangat bergantung kepada kemampuan daya ingat ini. Sementara kemampuan ini bervariasi pada setiap orang, ada yang memiliki kemampuan ingatan yang kuat, dan ada yang memiliki kemampuan yang lemah. Lemahnya kemampuan ingatan pada seseorang lebih dikarenakan kurangnya atau tidak dilatihnya kemampuan dirinya dalam hal mengingat. Artinya, kemampuan ingatan benar-benar membutuhkan latihan dan pengembangan untuk menguatkannya.

Jika tubuh agar tetap sehat maka diperlukan olahraga yang teratur. Nah hal tersebut juga diperlukan oleh otak. Agar proses berpikir bisa lebih cepat, maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk melatihnya. Proses berpikir yang cepat bisa membantu meningkatkan kemampuan orang dalam melakukan banyak tugas diwaktu yang sama. Untuk mencapai hal tersebut, butuh latihan otak sederhana namun efektif sehingga kebugaran pikiran meningkat.

Berikut beberapa tips mengasah ketajaman otak:
1. Memperluas kosa kata

Membaca artikel, berita atau novel bisa membantu mempelajari kata-kata baru yang sebelumnya tidak akrab didengar. Teknik ini akan membantu mempertajam memori dan meningkatkan kosakata.

2. Melakukan seni
Seni adalah sumber latihan yang membantu meningkatkan bagian di otak yang bekerja mengekspresikan diri secara non-verbal. Seni membuat orang jadi kreatif, menggunakan keterampilan motorik halus dan berpikir analitis.

3. Gunakan tangan yang tidak dominan
Saat melakukan tugas dasar yang membutuhkan konsentrasi, cobalah menggunakan tangan yang tidak dominan. Kegiatan ini akan memerlukan perhatian ekstra sehingga membuat diri lebih fokus menyelesaikan tugas-tugas sederhana.

4. Jangan gunakan kalkulator
Untuk perhitungan dasar atau harian sebaiknya jangan menggunakan kalkulator, tapi pilihlah metode kuno seperti menghitung dengan jari atau menghitungnya di kepala. Ini adalah cara yang sangat umum untuk menjaga otak tetap aktif.

5. Belajar bahasa asing
Mempelajari bahasa asing baru tidak hanya bisa meningkatkan karir profesional dan pengetahuan baru, tapi juga menjadi sumber latihan untuk pikiran karena menjaga otak tetap sibuk.

Nah, demikian tips menjaga dan mengasah kemampuan otak supaya dapat terus membantu daya pikir dan daya ingat menjadi lebih baik.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)