Tanpa Harus Pergi Liburan, 5 Tips Ini Dapat Menyegarkan Pikiran Anda Lho!

7 Juni 2014 Artikel Pendidikan


Kegiatan rutin setiap hari kerap bikin bosan dan jenuh bagi kebanyakan orang. Sehingga kerja pun sudah tidak bisa maksimal karena pikiran sudah sangat suntuk. Untuk dapat menyegarkan pikiran yang jenuh dapat dilakukan dengan pergi liburan.

Namun sayangnya kadang kita tidak dapat pergi liburan begitu saja. Kita tidak dapat menemukan waktu atau kesempatan untuk berlibur. Jika demikian, apa yang harus dilakukan? Tenang saja, berikut ini ada alternatif tips yang dapat Anda coba untuk menyegarkan pikiran tanpa liburan.

1. Tidur lebih awal.

Untuk bisa mendapatkan pikiran yang lebih tenang dan pastinya membuat Anda merasa lebih berenergi di pagi hari, cobalah untuk tidur lebih awal. Buat ruang kamar tidur Anda senyaman mungkin dan nikmati waktu tidur Anda.

2. Berendam di dalam bathtub.

Cobalah nikmati pengalaman mandi Anda. Sesekali menghabiskan waktu lebih lama saat mandi bisa merilekskan pikiran Anda. Berendam dengan diterangi cahaya lilin sambil mendengarkan lagu yang menenangkan bisa membantu Anda merasa lebih tenang dan mengenyahkan semua penat dan jenuh Anda. Jika bisa, dengarkan juga suara-suara serangga atau alam yang ada di sekitar Anda. Berendam ini juga bisa memberikan waktu untuk Anda bermeditasi.

3. Matikan semua gadget Anda.

Manfaatkan waktu Anda sebaik mungkin untuk menenangkan pikiran Anda. Jika selama ini Anda tidak bisa lepas dari berbagai macam gadget atau alat elektronik, saatnya Anda menyegarkan pikiran Anda dengan melepaskan diri Anda dari semua alat elektronik tersebut. Setidaknya matikan selama satu jam, lalu pergilah ke taman atau sekadar di sekitar rumah untuk joging atau jalan-jalan santai. Berjalanlah dengan santai dan nikmati hembusan angin yang Anda rasakan.

4. Berbelanja bahan makanan sehat dan segar.

Cobalah bangun lebih pagi dan pergi ke pasar terdekat. Belanjalah bahan makanan yang segar dan sehat. Nikmati setiap pengalaman belanja Anda di pasar. Setelah itu, bawa pulang dan buat menu masakan yang belum pernah Anda coba sebelumnya. Lalu Anda bisa menikmati makanan itu sendiri atau mungkin hubungi teman-teman Anda dan ajak mereka untuk makan bersama.

5. Lakukan pekerjaan rumah tangga yang selama ini sering terabaikan.

Jika selama ini Anda terlalu sibuk dan tak punya waktu untuk melakukan pekerjaan rumah tangga, sekarang saatnya untuk melakukannya. Menyiram tanaman atau sekadar menyortir barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai bisa jadi kegiatan yang cukup menyenangkan.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)