Tanpa Anda Sadari Ada 7 Hal yang Dapat di Pelajari dari Anak Kecil

19 Mei 2014 Artikel Pendidikan


Tingkah laku yang di lakukan anak beraneka ragam. Seringkali para orang tua berpikir bahwa anak-anak tidak tahu apa-apa sampai mereka beranjak dewasa. Tidak tahukah Anda bahwa sebenarnya betapa anak-anak mengajarkan banyak hal tentang kehidupan. Meskipun mereka mungkin tidak dididik tentang apa yang ditawarkan oleh dunia, mereka tahu bagaimana cara menghadapi dunia. Banyak orang menyepelekan anak kecil. Tetapi ada beberapa hal yang dapat mereka ajarkan pada Anda. Ada 7 cara yang begitu simpel, bagaimana anak-anak mengajari Anda tentang hidup.

1. Mengatakan apa yang mereka rasakan

Anak-anak selalu mengatakan apa yang mereka rasakan. Mereka akan bilang apa yang mereka inginkan dan apa yang membuat mereka tidak nyaman. Hal ini yang harus Anda pelajari dari mereka. Orang dewasa cenderung menjaga perasaan dan emosi sehingga sering terjadi miss komunikasi. Anda harus membiarkan orang lain tahu apa yang Anda rasakan. Orang lain tidak akan pernah tahu apa yang Anda rasakan jika Anda tidak membiarkan mereka untuk tahu.

2. Percaya pada keajaiban

Anak kecil percaya pada keajaiban, mereka percaya akan adanya Sinterklas saat Natal, peri, atau bahkan kelinci Paskah. Mereka tidak pernah peduli apakah apa yang mereka percayai benar-benar ada atau tidak. Mereka lebih memilih percaya selama mereka bisa.

Sedangkan orang dewasa begitu mengabaikan keajaiban-keajaiban kecil dalam hidup mereka. Anda tidak perlu percaya pada kekuatan sihir untuk mempercayai keajaiban. Yang Anda butuhkan adalah percaya pada harapan, serta keajaiban kecil dalam hidup. Jika Anda mempercayai dua hal tersebut, Anda akan menjadi pribadi yang semakin bersyukur dalam memandang hidup.

3. Menikmati semua momen

Jika Anda melihat anak kecil di sekitar Anda, atau mungkin anak Anda sendiri, perhatikan bahwa mereka benar-benar menikmati hari-hari mereka. Mereka benar-benar menikmati hidup dan tidak membiarkan kecemasan mengganggu hari mereka. Mereka tidak mengingat masa lalu atau tidak berpikir tentang masa depan, mereka hidup ya pada saat itu. Mereka menikmati setiap momen yang ada pada hidup mereka.

4. Menerima perbedaan

Pikiran anak kecil masih murni dan terbuka. Mereka tidak membeda-bedakan kepercayaan, agama, atau suku bangsa. Mereka berteman dengan siapa saja.Anak kecil tidak pernah takut untuk mencoba sesuatu yang baru. Hal ini yang harus Anda pelajari dari mereka. Mempunyai pemikiran yang terbuka sehingga Anda dapat mencoba setiap kesempatan yang ditawarkan oleh Tuhan dalam hidup Anda. Serta pasti tidak ada lagi yang kerusuhan yang ditimbulkan karena perbedaan SARA ya.

5. Lakukan Apa Yang Membuat Bahagia

Anak kecil selalu memilih apa yang membuat mereka bahagia. Mereka memilih mainan sesuai kesukaan mereka. Mereka memilih film kartun yang membuat mereka enjoy. Anak kecil juga memilih makanan kesukaan mereka.

Anak-anak tidak pernah memilih apa yang membuat mereka tidak bahagia. Orang dewasa seharusnya melakukan hal itu. Jika Anda tidak nyaman dengan sesutu, itu tandanya Anda harus memilih apa yang membuat Anda nyaman. Kalu begini, yang putus cinta akan segera move on ya .

6. Terus belajar

Cara utama anak-anak belajar adalah melalui keingintahuan mereka. Mereka mengajukan pertanyaan, menyentuh sesuatu, dan mengamati orang-orang yang ada di sekitar mereka. Mereka selalu ingin tahu, tapi ternyata secara tidak langsung rasa ingin tahu itu membuat mereka belajar dengan bertanya.

Jika dibandingkan dengan orang dewasa, ada satu titik dimana kita malas untuk bertanya dan mencari tahu. Orang dewasa juga cenderung sok tahu tanpa mencari tahu. Sebagian orang memilih berdiam diri dan berhenti belajar. Terus belajar, tidak hanya belajar tentang ilmu akademik, tetapi belajar juga tentang nilai-nilai hidup.

7. Jadilah pemberani

Seringkali Anda membiarkan rasa takut menyelimuti diri Anda untuk mendapatkan yang Anda inginkan. Anda terlalu banyak berasumsi sehingga hal yang Anda inginkan terasa lebih rumit dari kenyataan yang ada. Sebaliknya, kita harus banyak belajar dari anak kecil.

Contohnya saja ketika olahraga, mereka tidak akan pernah takut, apakah olahraga yang mereka pilih akan membuat mereka cidera atau tidak. Mereka mencoba apa saja yang mereka ingin coba. Kadang dalam hidup, kesempatan yang ada dapat menguntungkan Anda. Tetapi Anda cenderung melewatkan berbagai kesempatan begitu saja.

Anak-anak memang masih sebentar hidup di dunia ini. Tetapi ada beberapa hal yang mereka sadari tanpa kita sadari. Mereka terus menerus mengingatkan kita untuk menikmati hidup tanpa tekanan. Apakah ada hal lain yang bisa Anda pelajari dari seorang anak kecil.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)