Susah Mencari Topik Esai? Ikuti 5 Tips Berikut Ini!

30 Maret 2016 Artikel Pendidikan


Esai sering dikaitkan sebagai syarat di berbagai macam program beasiswa. Hampir setiap penyelenggara di semua instansi mencantumkan Esai sebagai bahan pertimbangan para kandidatnya.

Nah, permasalahan umum adalah terkadang Anda tidak tahu, bagaimana menentukan sebuah topik yang akan dibawa dan diserahkan untuk beasiswa. Memang, beberapa program beasiswa kini menentukan sendiri tema-tema yang boleh dipilih oleh para kandidat. Namun, jika tidak diberi topik khusus, bagaimana Anda memilih topik?

Topik yang menarik dan terstruktur dengan baik merupakan sebuah nilai plus dan menarik perhatian para juri penyelenggara. Jadi bagaimana sih menentukan topik esai dengan mudah? Yuk simak 5 tips berikut ini!

Buat List Topik

Pertama kali yang Anda lakukan adalah mencantumkan semua ide Anda terkait topik yang akan dibawakan dalam esai. Buat daftar-daftar topik yang sesuai dan sekiranya potensial. Dengan demikian, Anda bisa dengan mudah dan fokus akan lingkup bidang yang Anda kuasai.

Hindari Topik Sarkas atau Hal yang Sensitif

Beberapa pertimbangan juga harus Anda lakukan saat memilih sebuah topik. Salah satunya merupakan topik yang bisa menimbulkan kekacauan karena terlalu sensitif dan menyinggung beberapa pihak. Misalnya, terkait kelompok tertentu, agama, atau kelompok politik.

Tell about yourself well

Penulisan esai yang standar adalah mengacu kepada siapa sebenarnya diri Anda. Di sini Anda harus bisa "menjual" dengan catatan jangan sama sekali mencoba untuk berbohong. Ceritakan diri Anda sebaik mungkin dan nilai plus yang Anda miliki. Cara terbaik untuk menulis sebuah esai adalah dengan membiarkan kepribadian Anda muncul. Setiap topik yang Anda berikan harus terlihat seperti tulisan Anda.

Jauhi Hal Klise

Hal klise atau pembahasan yang klasik merupakan pilihan topik yang membosankan. Hindari hal-hal tersebut jika esai Anda ingin dilirik. Inti dari penulisan esai adalah untuk menonjolkan kemampuan Anda. Jika ingin memeriksa esai itu kembali, Anda harus merasa bahwa sebelumnya tidak pernah membaca tulisan itu.

Finalisasi Topik

Nah, jika sudah, review kembali topik-topik yang Anda buat dan segala pertimbangannya. Pilihlah topik yang sekiranya sesuai untuk dikembangkan dan dijadikan karya esai Anda. Semoga sukses!

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)