Suka Lambat Berpikir? Yuk Biasakan Cara Ini...

5 Juni 2013 Artikel Pendidikan


Sudah berusaha untuk belajar dan mencoba untuk mengerti namun susah dicerna oleh otak? Ya, seringkali kebanyakan orang mengalami hal seperti ini. ada yang menganggap bahwa hal itu karena tidak pahamnya pembelajaran dan mungkin juga ada yang beranggapan hal ini memang dari sananya atau dari lahir.

Namun hal seperti itu tidak sepenuhnya benar karena bisa saja karena makanan yang kita konsumsi dan kebiasaan sehari-hari yang membuat otak kita malas untuk berpikir. Apabila otak kurang dilatih untuk berpikir, maka tidaklah heran jika otak akan berpikir lamban atau lemot.

Menurut penelitian, gangguan memori bisa muncul sejak usia 20 tahun keatas. lebih dari 2.000 pria dan wanita berusia antara 18-60 tahun akan mengalami penurunan penalaran apabila otak kurang dilatih untuk berpikir.

Namun jangan panik! Otak kita masih memiliki kemampuan untuk menyimpan memori. Hanya saja pemanggilan memori tersebut sedikit tersendat. Ini menunjukkan bahwa otak harus dijaga kesehatannya agar tetap fokus dan berfungsi optimal.

Untuk mengoptimalkan fungsi dan kesehatan otak, kita juga bisa menjaganya dengan cara berikut:

1. Tidak bergantung pada teknologi
Hampir seluruh penduduk dunia mengandalkan teknologi seperti smartphone, komputer tablet, PC dan lainnya untuk membantu mengingat hari-hari penting . Tetapi jangan lupa untuk sesekali mengingat hal-hal detail yang terkait langsung dengan diri Anda dan keluarga dengan otak Anda. Penggunaan teknologi berlebihan dapat mengakibatkan ketergantungan dan membuat otak menjadi malas berpikir.

2. Tidur tidak larut
Tidur dapat membantu mengaktifkan kembali seluruh sel-sel otak, sehingga otak dapat menyerap dan mempelajari sesuatu lebih dalam dan lebih banyak. Peningkatan kemampuan ini secara langsung akan mempengaruhi tingkat kecerdasan seseorang

3. Keep Active
Kebugaran fisik dapat meningkatkan ukuran hippocampus (bagian otak yang terhubung dengan ingatan jangka panjang). Lakukan jenis latihan apa pun agar darah Anda mengalir dengan baik. Jogging dan renang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan fungsi otak Anda.

4. Konsumsi Omega 3
Omega 3 merupakan salah satu jenis lemak tidak jenuh yang sangat dibutuhkan tubuh. Sayangnya, tubuh tidak dapat menghasilkan sendiri jenis lemak ini sehingga kebutuhan akan lemak jenis ini harus didapatkan melalui asupan makanan. Omega 3 bahkan tetap dibutuhkan sampai usia dewasa. Kurangnya kadar Omega 3 akan membuat sel saraf di otak kekurangan energi untuk proses perkembangan otak sehingga dapat mengganggu kerja dan fungsi otak seperti hilangnya daya ingat dan penurunan fungsi otak lainnya secara drastis. Makanan dari Omega 3 mudah ditemukan dalam ikan.

5. Isi waktu luang dengan main games
Bermain video game tidak akan membuat fungsi otak Anda terganggu asal dibatasi waktunya, permainan yang penuh teka-teki dapat membantu untuk memperkuat dan melatih otak Anda serta meningkatkan konsentrasi. Anda juga membutuhkan waktu bersantai dan memanjakan diri untuk mengurangi stres sekaligus meningkatkan kemampuan otak Anda.

6. Belajar mengingat dengan visualisasi
Berlatih dengan isyarat. Jika Anda perlu mengingat beberapa hal baik benda maupun angka cobalah untuk membuat catatan sebagai hafalan untuk memori dalam otak Anda. Catatlah hal-hal detail yang sekiranya sulit untuk Anda ingat.

Kemampuan otak akan terus berkembang apabila dilatih secara bertahap dan memiliki daya ingat yang baik ketika mengingat sesuatu.

(Dikutip dari berbagai sumber)