Suka Baca Novel? Ini Keuntungannya

17 Juni 2018 Artikel Pendidikan


Buku adalah jendela dunia. Ya, melalui sebuah buku Anda bisa menjelajah isi bumi atau bahkan menyelam dalam dunia fantasi.

Namun, manfaat dari buku, terutama novel fiksi, tidak hanya sekadar mengenal dunia, tapi juga mampu mengubah hidup seseorang. Bahkan, penelitian terbaru mengungkap, novel fiksi mampu mengubah cara otak bekerja dan hasilnya bisa jadi permanen.

Para ilmuwan mengatakan, meski novel memiliki kemampuan untuk memindahkan pembaca ke dalam dunia fantasi, efek yang didapat dari membaca bisa ikut terjadi secara fisik. Tidak hanya itu, buku favorit juga diklaim mampu menciptakan memori otot, yaitu memori yang membuat seseorang meniru tindakan karakter yang terdapat dalam novel dan mengaplikasikannya di kehidupan nyata.

Dan inilah sesuatu yang harus Anda ketahui tentang keuntungan dari suka membaca:

1. Meningkatkan Kreativitas

Jika bergerak di bidang industri kreatif misalnya blogger, desain grafis, fotografi dan lainnya, kita akan dituntut untuk selalu memiliki ide-ide segar dan baru. Membaca novel atau bacaan-bacaan populer lainnya akan membuat kita tetap kreatif, menyalakan ide-ide baru untuk iklan yang sedang dibuat, membantu menemukan gagasan desain grafis baru yang kreatif atau ide untuk tulisan-tulisan blog.

2. Menjadi Lebih Cerdas dan Percaya Diri

Ya, orang yang membaca buku tentunya akan lebih cerdas dan juga percaya diri. Bayangkan kita berada dalam satu ruangan dalam suasana santai atau non formal, berbicara dengan teman, klien atau atasan tentang novel laris, baru, atau bahkan yang klasik. Ini akan membantu menciptakan kesan pertama yang baik. Kita akan tampil berbeda dengan orang lain yang ada diruangan itu, tentunya dengan cara yang positif.

3. Meningkatkan Penguasaan Kosakata

Mungkin saat ini kita sedang mempelajari bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya. Nah, membaca novel dalam bahasa tersebut akan membantu meningkatkan penguasaan kosa kata kita. Untuk memudahkan membaca, biasanya kita akan menyiapkan sebuah kamus disebelah kita sebagai referensi jika menemukan kata-kata yang asing dan sulit. Dan membaca novel tentunya cara belajar yang mengasyikan dibanding harus membaca kamus secara langsung dan menghapalkan isinya berulang-ulang.

4. Tidak Ada Waktu

Banyak buku yang kini sangat kecil dan ringan hingga bisa dibawa kemanapun tanpa membebani. KIta tidak akan punya kesempatan untuk menganggur, saat jam istirahat kantor, di bis dalam perjalanan pulang, perjalanan jauh keluar kota, bahkan saat menunggu kedatangan pacar di kedai kopi favoritmu.

5. Pelarian Yang Baik

Saat kamu sedang cemas, kesepian atau galau tingkat akut, membaca adalah obat yang sangat ampuh. Kita akan kagum dengan seberapa cepat kamu bisa meredakan dan melupakan apa yang mengganggu pikiranmu. Setelah membaca, kita mungkin akan merasa lebih segar, terinspirasi dan kadang itu sangat memotivasi.

6. Kemewahan Yang Murah

Sebagian orang berpikir untuk bersenang-senang harus selalu menghabiskan uang banyak, pergi liburan ke pulau eksotis, melakukan perawatan spa, pergi ke salon, berbelanja ke mall, menginap di resort dan lainnya, tapi sebuah novel hanya menghabiskan beberapa puluh ribu rupiah saja dan ini sudah cukup memberimu hiburan dan istirahat selama beberapa jam. Kita bisa berkunjung ke setiap tempat yang tidak setiap orang bisa datangi, bertemu dengan banyak orang dengan beragam karakter dan belajar banyak dari sebuah cerita. Membaca novel seperti menciptakan liburan ke negeri ajaib.

7. Membuat Kita Aktif Selama Bersantai

Membaca adalah jenis relaksasi aktif, pikiran kita akan menyatu dengan cerita, membuatnya sibuk menafsirkan lembar demi lembar halaman, dan merubahnya menjadi satu gambaran mental yang hidup dan nyata. Ini lebih menenangkan daripada menonton televisi.

8. Menjadikan Pandangan Hidup Selalu Positif

Membaca karya penulis laris dapat memberi cara pandang baru terhadap hidup kita, mungkin kamu akan bertemu tokoh dari buku yang memiliki karakter sama denganmu, dan belajar darinya untuk menemukan kekuranganmu dan memperbaikinya Selain itu, cerita dalam novel selalu tentang keberanian, dan itu akan menginspirasi kita untuk menghadapi setiap masalah yang menghadang dalam kehidupan. Membuat kita berani untuk mencoba hal-hal baru dalam hidup, melihat dari sudut pandang yang berbeda, dan menunjukan bagaimana indahnya kehidupan dan cara menjalaninya dengan sepenuh hati.

Nah, jadi tunggu apalagi. Ayo membaca!

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)