Sudah Lihat Cara PPDB 2014 Kota Tangerang? Yuk Simak Disini!

9 Juli 2014 Artikel Pendidikan


Saat ini PPDB sudah dilakukan diberbagai daerah-daerah di semua provinsi di Indonesia. Kemendikbud telah mencanangkan program pendaftaran sekolah di berbagai jenjang di seluruh Indonesia dengan cara sistim PPDB Online. PPDB Online sebelumnya telah berdiri pada 6 tahun yang lalu ketika masih bernama PSB (Penerimaan Siswa Baru). Sebenarnya PPDB adalah kegiatan rutin tahunan. Namun, dispendik terus menyempurnakan sistem yang terbaru dan terpercaya. hal ini juga berlaku untuk jalur umum reguler dan jalur siswa berprestasi


PPDB Online sudah dilaksanakan diberbagai daerah di Indonesia pada pertengahan Juni 2014. Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online ini berlaku untuk beberapa daerah kabupaten kota peserta PPDB Online 2014 antara lain adalah pendaftaran SD, SMP, SMA/SMK di kota dan kabupaten yang terkait dan melaksanakan akan hal ini. Salah satunya di Kota Tangerang.

Kota Tangerang merupakan salah satu Penyelenggara PPDB Online 2014 di Provinsi Banten. PPDB ini membagi pendaftaran menjadi 3 jalur pendaftaran diantaranya adalah Jalur Domisili dan Anak Kandung Guru, Jalur Prestasi dan Jalur Seleksi Umum.

Jalur Domisili dan Anak Kandung Guru merupakan seleksi pendaftaran yang menerima calon siswa yang berada dilingkup Domisili dan berbeda daerah (Rt,Rw,Kelurahan & Kecamatan) namun di domisili yang sama serta berlaku bagi anak kandung guru di tempat guru tersebut bertugas sedangkanJalur Seleksi Umumadalah seleksi diluar jalur domisili atau jalur prestasi. Seleksi didasarkan pada capaian nilai US calon untuk SMP dan nilai UN calon untuk SMA, sedangkan SD lebih memprioritaskan usia calon.

Lain halnya dengan Jalur Prestasi. Jalur Prestasi diberikan untuk calon pendaftar yang berprestasi di bidang akademik/non akademik untuk mendapat prioritas diterima di sekolah yang dituju berdasarkan raihan prestasi juara dalam lomba atau event tingkat kota, tingkat propinsi atau nasional yang dibuktikan dengan piagam juara/sertifikat dari penyelenggaraan O2SN, OSN dan FLS2N.

Cara pendaftarannya pun berbeda. Untuk Jalur Domisili dan Anak Kandung Guru serta Jalur Prestasi, pendaftaran dilakukan secara Offline dengan kata lain, calon pendaftaran dapat langsung ke sekolah yang dituju sedangkan Jalur Seleksi Umum dilakukan secara Online pada PPDB Kota Tangerang.

Untuk cara pendaftaran PPDB Online untuk Kota Tangerang 2014 tidak jauh berbeda dari PPDB 2014 lainnya. Untuk melihat urutan pendaftarannya bisa dilihat di Alur Pendaftaran PPDB 2014 .

Sebelum melakukan pendaftaran, ada kalanya calon pendaftar sudah mempersiapkan syarat-syarat pendaftaran. Agar dapat mengetahui berkas-berkas dan syarat yang harus dipenuhi bisa dilihat di Prosedur & Ketentuan.

Untuk jadwal pelaksanaan PPDB 2014 di Kota Tangerang bisa dilihat di Jadwal PPDB 2014 Kota Tangerang atau di Tahap & Jadwal PPDB 2014.

Untuk informasi yang lebih rinci bisa dilihat di lama resmi PPDB 2014 Kota Tangerang.

Oleh: Albert S
(Dikutip dari ppdb2014.tangerangkota.go.id)