"Stuck" Cari Inspirasi? Coba Ikuti Langkah Ini!

20 September 2014 Artikel Pendidikan


Kita sangat membutuhkan inspirasi. Terutama jika kita mengerjakan sesuatu yang membutuhkan kreativitas seperti menulis cerita, membuat puisi, menulis lagu, membuat artikel blog, melukis, dan lain-lain. Selain itu, banyak hal yang bisa kita lakukan jika kita memiliki inspirasi. Inspirasi itu adalah ide atau gagasan yang secara mendadak keluar dari pikiran kita walaupun kita tidak menginginkannya.

Nah, bagaimana cara mencari inspirasi dan bagaimana cara memaksimalkan inspirasi itu?

Jangan Dipaksa
Jangan sekali-kali memaksa otak kita untuk berpikir supaya kita mendapatkan inspirasi. Karena inspirasi itu adalah keluar dengan sendirinya dan tidak bisa dipikirkan sebelumnya. Jika kita terus memikirkannya, yang terjadi malah kita akan frustasi karena tidak kunjung mendapatkan inspirasi.

Santai
Biasanya inspirasi itu keluar saat kita sedang bersantai. Biasanya saat kita sedang santai tanpa beban pikiran apapun, kita biasanya akan memikirkan sesuatu yang lain. Nah, jika itu diteruskan, bisa jadi itu akan menjadi inspirasi.

Mandi
Saat mandi adalah saat yang paling tepat untuk mencari inspirasi. Mungkin itu karena dinginnya air yang mengguyur tubuh kita membuat otak menjadi dingin dan fresh sehingga kita akan berangan-angan tentang sesuatu yang nantinya akan menjadi sebuah inspirasi. Bahkan saat Anda hanya berada di kamar mandi saja terkadang inspirasi itu datang.

Jalan-Jalan
Saat otak kita masih terbelengu masalah dan pikiran lainnya, kita bisa menenangkan otak kita dengan berjalan-jalan sambil melihat-lihat apa yang bisa kita lihat. Karena dengan berjalan-jalan, fokus otak kita akan berpindah menuju ke aktivitas jalan-jalan tersebut. Jika saat itu kita melihat-lihat sesuatu seperti daun, pohon, bunga, dan sebagainya kita biasanya akan membayangkan sebuah inspirasi berdasarkan apa yang kita lihat.

Membaca
Jika kita tidak bisa mengeluarkan inspirasi saat itu, kita bisa mendapatkannya lewat membaca. Dengan membaca, wawasan kita akan terbuka dan dengan sendirinya ide-ide itu akan keluar. Bacaan yang paling bagus adalah bacaan tentang ilmu pengetahuan dan kisah-kisah inspiratif.

Menonton
Jika tidak ada bacaan yang bagus untuk dibaca, cobalah menonton TV atau film sejenak.

Segera Catat
Jika inspirasi itu sudah keluar, segeralah catat apa yang Anda pikirkan itu. Karena inspirasi itu bersifat sementara dan mudah sekali untuk dilupakan. Dengan mencatatnya, kita sudah mendapatkan banyak inspirasi. Tidak jarang inspirasi itu berupa konsep yang sangat rumit seperti rancangan masa depan.

Oleh: Ariyanti S
(Dikutip dari berbagai sumber)