Siswa Go Blog

23 September 2016 Artikel Pendidikan   |    Syaiful


Judul di atas jika hanya dibaca tentu akan membuat siswa marah. Bagaimana tidak, siswa yang pandai direndahkan dengan ucapan tersebut. Tulisan ini salah satu upaya memotivasi siswa utuk meningkatkan kompentensi siswa dalam menulis karya ilmiahnya.

Melalui OSIS di sekolah, Blog dapat dijadikan sebagai bentuk sarana pembelajaran oleh siswa atau sekelompok siswa dengan siswa lainnya.

Blog merupakan singkatan dari "Web Log" adalah sebuah aplikasi web yang berupa tulisan-tulisan ataupun gambar yang biasa disebut dengan sebuah posting atau postingan dalam sebuah halaman website umum seperti blog. Sedangkan Blogger adalah suatu media Internet yang menyediakan sebuah catatan pribadi yang bisa dilihat oleh semua pengguna Internet dan menjadi sebuah media untuk berbagi informasi dengan mudah dan gratis.

Selain itu ada blogger, blogger merupakan sebuah ikatan yang terbentuk dari para blogger berdasarkan dengan kesamaan tertentu, misal: kesamaan daerah, kesamaan sekolah, kesamaan hobi, dan kesamaan lainnya. Untuk bisa bergabung dengan sebuah komunitas blogger biasanya ada syarat tertentu misalnya berasal dari daerah tertentu. Dan blogger ini bisa diartikan orang yang suka menulis artikel pada blog.

Dewasa ini murid kurang mendapatkan bahan menulis karena tuntutan silabus/RP dan ditambah lagi lemahnya kemampuan guru membimbing karya tulis ilmiah. Siswa yang jarang menulis tentu akan kerepotan pada saat akan membuat karya tulis. Keadan ini sering terjadi disebabkan kurangnya bobot tuntutan menulis Ilmiah di kalangan siswa siswa dalam kurikulum bahasa di sekolah-sekolah baik itu tingkat SLTP maupun tingkat SLTA

Blog yang ada di sekolah-sekolah bisa dimanfaatkan sebagai sarana tempat berlatih menulis yang tadinya mereka menulis melalui Majalah Dinding sekarang mereka bergeser menulis melalui dunia maya (blog) yang ONLINE. sehingga di harapkan nantinya akan meningkat kemampuan menulis siswa.

Tulisan yang dibuat bisa berupa kesimpulan pelajaran yang mereka terima dari guru mengajar di kelas. Sehingga diharapkan setiap tulisan di blog dapat dibaca semua orang. Hal ini akan menjadi motivasi untuk menghasilkan karya tulis yang lebih berbobot. Kegiatan ini dikoordinir secara kontiniu akan menjadikan bentuk suatu Media Pendidikan di sekolah-sekolah. Dan sekaligus media pendidikan ini nantinya diharapkan akan menambah minat menulis siswa-siswa mau pun guru-guru di sekolah.

Manfaat Blog bagi siswa di Sekolah

  1. Menurut saya manfaat blog bagi siswa antara lain sebagai latihan untuk membiasakan mereka menulis sehingga diharapkan, pengembangan proses pembelajaran yang bervariatif, sebagai media ajar dan pembelajaran, tempat berdiskusi, berkomunikasi dan berbagi informasi.
  2. Biaya yang dikeluarkan relatif murah dan bisa menembus ruang serta mengembangkan jaringan lebih luas antar siswa merupakan keunggulan blog.
  3. Melalui blog diharapkan kompetensi siswa meningkat
  4. Melalui Blog siswa dapat memperkaya imajinasi mereka
  5. Melalui blog siswa dapat berkomunikasi antar sesama siswa
  6. Melalui blog siswa dapat berkomunikasi antar sesama siswa


Terakhir penyalahgunaan internet oleh siswa dapat diminimalisir karena mereka asik dengan kegiatan blognya, melalui blog sekolah sehingga tersalurkan cita-citanya, hobi, puisi, cerpen atau aktivitas yang dilakukan sehari-hari.

Karena blog banyak bermanfaat bagi siswa dan guru sebagai bentuk sarana pembelajaran. Melalui tulisan diblog ini saya mengajak para siswa dan guru untuk go blog demi kemajuan pendidikan dan juga diharapkan tidak ada lagi terdengar guru goblog karena mencontek karya ilmiah.

(Penulis adalah Staf SDIT AL-Qudwah Pekanbaru)