Simak 5 Tips Ciptakan Kesan Pertama yang Baik Saat Interview

29 Agustus 2016 Artikel Pendidikan


Sebelum bekerja di sebuah perusahaan atau instansi lainnya, hal yang paling penting dan seringkali dilakukan sebelum diterima bekerja adalah sesi wawancara kerja atau interview. Sesi ini merupakan hal yang berkaitan langsung dengan profil dan kepribadian Anda. Nah, untuk meyakinkan interviewer, Anda juga perlu memberikan kesan pertama yang baik serta dapat menunjukkan diri Anda bahwa Anda layak bekerja di perusahaan tersebut.

Kesan pertama merupakan hal penting karena seorang bos bisa tahu dalam waktu 30 detik awal, apakah si pelamar kerja punya kesempatan dipekerjakan atau ditolak mentah-mentah.

Nah, bagi Anda yang kini atau akan menghadapi wawancara pekerjaan, ada baiknya Anda mengetahui beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk menciptakan kesan pertama yang baik saat proses interview. Yuk simak ulasannya berikut ini.

Pelajari Interviewer Anda melalui Facebook atau linkedin

Sama halnya mempelajari materi sebuah pelajaran sebelum ujian. Pelajari siapa sang penginterview Anda terlebih dahulu. Apakah mereka orang yang serius dan kaku, atau punya selera humor. Hal yang terpenting adalah Anda jadi tahu pengalaman kerja mereka dan mengasosiasikan hal itu dengan pengalaman kerja Anda sendiri.

Gunakan baju terbaik saat wawancara

Faktor penampilan adalah nomor satu meskipun ada pepatah mengatakan "don’t judge book by its cover". Si bos pastinya tidak ingin karyawan yang akan diinterview berpenampilan lusuh dan tak pantas. Persiapkan dengan matang dan pastikan baju Anda rapih dan bersih sehari sebelumnya.

Buktikan bahwa kamu memang orang yang tepat

Tunjukan bahwa Anda antusias untuk mendapat pekerjaan di perusahaan yang Anda lamar. Tunjang dengan fakta serta pengalaman kerja yang Anda punya dan sesuai dengan posisi yang Anda lamar.

Bicaralah dengan gaya bercerita

Salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan kesan baik ialah dengan gaya bicara Anda. Bicara terlalu kaku justru akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Bicaralah dengan mengalir, sebagaimana Anda tengah bercerita soal pengalaman kerja dan pencapaianmu. Hal ini penting untuk membangun nuansa yang nyaman, dan membuktikan bahwa Anda adalah orang yang cerdas tetapi tetap terkontrol.

Berjabat tangan dengan baik

Terlihat sederhana rupanya. Namun, hal ini merupakan langkah atau kontak awal Anda dengan para interviewer. Hindari terlihat gugup dan jabatlah tangannya sembari tersenyum dan mengucapkan salam.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)