Artikel Pendidikan
30 November 2009

Sifat-Sifat Listrik

Listrik memberikan kenaikan terhadap empat gaya dasar alami dan sifatnya yang tetap dalam benda yang dapat diukur. Dalam kasus ini, frase jumlah listrik digunakan juga dengan frase muatan listrik dan juga jumlah muatan.

Ada 2 jenis muatan listrik yakni positif dan negatif. Melalui eksperimen, muatan-sejenis saling menolak dan muatan-lawan jenis saling menarik satu sama lain. Besarnya gaya menarik dan menolak ini ditetapkan oleh hukum coulomb. Beberapa efek dari listrik didiskusikan dalam fenomena listrik dan elektromagnetik.

Satuan unit SI dari muatan listrik adalah coulomb, yang memiliki singkatan C. Simbol Q digunakan dalam persamaan untuk mewakili kuantitas listrik atau muatan. Contohnya, Q=0,5 C berarti kuantitas muatan listrik adalah 0,5 coulomb.
Jika listrik mengalir melalui bahan khusus, misalnya dari wolfram dan tungsten, cahaya pijar akan dipancarkan oleh logam itu. Bahan-bahan seperti itu dipakai dalam bola lampu (bulblamp atau bohlam).

Setiap kali listrik mengalir melalui bahan yang mempunyai hambatan, maka akan dilepaskan panas. Semakin besar arus listrik, maka panas yang timbul akan berlipat. Sifat ini dipakai pada elemen setrika dan kompor listrik. (net/jpnn)

Sumber: Hariansumutpos.Com


Artikel Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Lowongan Iklan Baris