SF dan Balitbang Depdiknas Kerja Sama Penelitian

25 Juni 2009 Artikel Pendidikan


JAKARTA, KOMPAS.com Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat sehingga keduanya terjalin sinergi yang kuat untuk mewujudkan tanggung jawab tersebut menjadi nyata.

Demikian hal itu dikemukakan oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Depdiknas Mansyur Ramly pada penandatanganan MoU kerja sama antara Balitbang Depdiknas dan Sampoerna Foundation (SF) di Jakarta, Kamis, (25/6).

Mansyur mengatakan, kerja sama itu juga merupakan perwujudan konkret penerapan UU No 20 Tahun 2003 tentang kerja sama pemerintah dan swasta di bidang pendidikan nasional.

"Ketika ada pihak di luar pemerintah yang bersedia untuk turut memperbaiki kualitas pendidikan nasional, kami akan berusaha seoptimal mungkin mendukung inisiatif tersebut," ujar Manysur.

Adapun dukungan yang diberikan oleh Balitbang kepada SF antara lain melaksanakan serangkaian kegiatan bersama berupa pengkajian, pengembangan, serta penerapan sistem penilaian dan kurikulum satuan pendidikan, termasuk di dalamnya Sekolah Bertaraf Internasional (SBI).

Sementara itu, menurut Direktur Operasional SF Elan Merdy, selain dua kegiatan di atas, Balitbang dan SF juga akan menggelar penelitian dan pengkajian secara bersama-sama.

"Tetapi tidak terfokus hanya pada SBI, melainkan semua sekolah negeri. Nantinya, output dari kerja sama penelitian ini akan kami berikan ke sekolah-sekolah, ini sebagai feed back kami melakukan kerja sama," ujar Elan.

Elan menambahkan, sebagai langkah lanjutan dari penandatanganan nota kerja sama ini adalah diselenggarakannya Public Private Partnership Discussion Series (P3DS). Digelar pada 10 Juni mendatang, P3DS akan membahas strategi bagi Sekolah Bertaraf Internasional dalam menyongsong era masyarakat dan perekonomian berbasis pengetahuan.

LTF

Sumber: Kompas.com