Setelah Seharian Bekerja? Bersihkan Pikiran dengan Cara Ini

8 Desember 2014 Artikel Pendidikan


Manusia itu wajar bila kelelahan setelah melakukan aktivitas sehari hari. Tidak bisa dipungkiri bahwa pekerjaan mampu menguras tenaga dan meningkatkan ketegangan dalam pikiran Anda. Itulah sebabnya para pekerja rentan mengalami stres yang jika dibiarkan dapat berubah menjadi depresi. Untuk itu, mengelola stres dan mengistirahatkan pikiran setelah bekerja sangatlah penting untuk dilakukan.

Berikut cara sederhana untuk meredakan stres setelah bekerja:
1. Lakukan hobi

Melakukan sesuatu yang benar-benar sesuai dengan minat Anda adalah cara yang baik untuk mencerahkan suasana hati dan membantu Anda dalam mengatasi semua kekacauan dan stres.

2. Menulis buku harian
Jika Anda tidak memiliki seseorang sebagai tempat cerita, maka Anda bisa menuliskan segala macam keluh kesah Anda di buku harian. Tuliskan semua masalah Anda, kekecewaan, hingga harapan Anda. Cara ini terbukti ampuh untuk mengeluarkan diri dari lingkaran masalah Anda.

3. Mengangkat kaki ke dinding sambil tidur
Berbaring dan meletakkan kaki ke dinding merupakan posisi yang dapat membuat Anda merasa lebih tenang. Sebab posisi ini akan meningkatkan aliran darah ke kepala dan membuat Anda merasa lebih santai.

4. Berolahraga
Tidak ada salahnya ketika Anda berolahraga ringan setelah bekerja. Sebab olahraga akan meningkatkan hormon endorfin yang akan membuat Anda lebih gembira dan merasa optimis.

5. Mandi dengan air hangat
Hangatnya air akan merevitalisasi indera tubuh dan membuat Anda menjadi lebih rileks. Tambahkan beberapa tetes minyak aromaterapi untuk menenangkan pikiran Anda.

Stres karena pekerjaan yang tidak ditangani dengan baik mampu menghantarkan ke penyakit yang lebih berbahaya. Oleh karena itu lakukan tips ini.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)