Sering Lupa? Ini Tips Mengatasinya

2 Maret 2014 Artikel Pendidikan


Lupa tidak hanya dialami orang lanjut usia yang memang daya ingatnya sudah menurun tapi seringkali "penyakit" ini dialami oleh orang-orang yang masih terbilang muda.

Agar Anda tidak mengalami kesulitan mengingat sesuatu yang kecil dan sederhana, cobalah latihan mental berikut ini untuk menajamkan daya ingat Anda:

  1. Menjaga pikiran tetap siap
    Kekurangan tidur, stres, jenuh, tidak ada aktivitas dan alkohol merupakan musuh bagi memori, oleh karena itu stimulus intelektual menjadi kunci meningkatkan daya ingat. Membaca, mengerjakan teka teki silang, merencanakan perjalanan menyenangkan, melakukan hobi atau belajar skill baru seperti komputer dan bahasa asing akan sangat membantu menajamkan memori.
  2. Interaksi sosial
    Berhubungan sosial dengan teman dan keluarga juga dapat membantu terhindar dari penyakit lupa. Penelitian bahkan menujukan lebih banyak seseorang berinteraksi sosial, semakin kecil mereka mengalami kerusakan fungsi kognitif.
  3. Makan makanan peningkat daya ingat
    Ini mungkin tidak termasuk dalam latihan mental, tetapi wortel mentah dan buah-buahan segar merupakan makanan yang memiliki peran besar menstimulus fungsi otak seperti daya ingat. Gula alam yang terkandung dalam buah-buahan sebenarnya dapat membantu kita berpikir dan mengingat kembali informasi lebih cepat.
  4. Olahraga
    Olahraga aerobik seperti berenang, jalan kaki dan sepeda dapat memompa oksigen ke dalam otot dan meningkatkan aliran darah dalam otak sehingga hasilnya otak lebih mudah mengingat sesuatu.
  5. Buat petunjuk sistem memori
    Karena semakin banyak informasi semakin besar peluang kita menjadi lupa.


Untuk mengingatkan diri sendiri mengenai hal-hal penting, cobalah petunjuk memori berikut ini:

  1. Siapkan agenda atau organizer dekat dengat Anda dan segera tulis segala hal penting termasuk tanggal, sesuatu yang perlu dilakukan dan lain-lain sebelum Anda lupa.
  2. Dengar baik-baik informasi penting dan buat catatan kecil untuk mengingatkan apa yang terkait. Kembali sisihkan waktu untuk menuliskannya jika Anda perlu.
  3. Jika Anda harus mengembalikan sesuatu atau memberi seseorang sesuatu, simpan ditempat yang selalu Anda lihat atau dekat sesuatu yang setiap hari Anda bawa, seperti kunci mobil dan lain-lain.


Semoga bermanfaat!

Oleh Ariyanti S

(Dikutip dari berbagai sumber)