Sering Galau Ketika Ada Masalah? Yuk Biasakan Cara Ini..

5 September 2013 Artikel Pendidikan


Siapa sih yang tidak mengenal istilah galau? Istilah ini sering digunakan oleh banyak orang termasuk para remaja yang menghadapi permasalah yang ada pada zaman modern seperti permasalahan relationship atau pacaran, ekonomi, urusan keluarga dan masih banyak lagi. Galau sendiri diartikan dimana seseorang sedang dilanda oleh perasaan dan pikiran yang kacau yang diiringi oleh rasa sedih dan membingungkan.

Mengapa galau sering merasuki pikiran kita? galau sebenarnya tercipta karena kita tidak mampu berpikir positif dalam menyikapi suatu masalah yang terjadi pada kehidupan sehari-hari. Orang yang pesimis dengan apa yang ingin dijalani maka akan menimbulkan rasa galau itu sendiri sehingga sulit untuk berkonsentrasi dengan apa yang dihadapi saat ini.


Nah, bagi kalian yang merasa sering galau, yuk coba memiliki rasa optimistic dalam menjalani rutinitas kalian dan keep positive thinking terhadap masalah yang dihadapi. Lalu bagaimana cara menghilangkan rasa galau tersebut? berikut ada beberapa cara yang dapat kita coba untuk berpikir positif sekaligus mengasah pikiran kita.

Menulis

Ini cara mengatakan kepada memori tentang hal-hal terpenting sehingga Anda mudah menariknya kembali di masa yang akan datang. Cara ini juga untuk menjernihkan pikiran, melatih kreativitas, dan kemampuan analitis. Menulis akan membantu mengalirkan darah beroksigen ke otak yang bertanggung jawab pada daya ingat. Tulisan bisa dalam bentuk catatan harian, jurnal, puisi, cerita, dalam buku khusus, atau dengan membuat blog.

Tertawa

Satu cara ampuh untuk menghindari pikiran negatif yaitu dengan tertawa. Hormon endorfin akan terlepas ketika Anda tertawa, dan ini bisa menurunkan kadar stres. Tentu saja ini akan menjaga kesehatan otak. Kondisi tersebut selanjutnya membuat Anda cenderung lebih terbuka terhadap ide-ide mutakhir. Caranya carilah sesuatu yang membuatmu nyaman dan menyenangkan seperti menonton film komedi, melihat gambar plesetan yang lucu dan hal lain yang menyenangkan dijamin akan membuat anda tertawa.

Bermain

Menyenangkan diri dengan game akan merangsang otak, sehingga tercipta koneksi-koneksi baru dan sel-sel baru pun bertumbuhan. Yang dianjurkan adalah permainan intelektual yang melibatkan koordinasi mata dan tangan.

Membaca Cepat

Kalau Anda mampu membaca cepat berarti lebih banyak lagi informasi yang diserap dalam waktu lebih singkat. Ini juga olahraga otak yang sangat baik.

Atur Suhu

Banyak orang bisa berpikir produktif pada suhu tertentu. Terlalu dingin atau terlalu panas bisa mengganggu konsentrasi. Pastikan temperatur yang kondusif bagi Anda untuk melakukan sesuatu yang mengasah otak.

Bernapas Dalam

Tarik napas melalui hidung dan bawa udara ke dalam paru-paru. Semakin banyak oksigen masuk ke aliran darah dan otak, akan meningkatkan performa otak. Juga membuat Anda lebih rileks dan berpikir jernih.

Meditasi

Regangkan otot-otot tubuh sebentar, lalu biarkan rileks. Cobalah duduk, tutup mata, dan pusatkan perhatian pada pernapasan saja. Meditasi ringan selama 5-10 menit ini juga dapat membantu Anda untuk menyiapkan daya pikir melakukan tugas terbaiknya.

Carilah motivasi

Orang yang ingin sukses dan dapat berpikir secara jernih dapat dibantu dengan diberi motivasi. Motivasi bisa didapatkan dimana saja seperti di televisi, buku-buku motivator, teman dan hal lain yang membuatmu terdorong untuk melakukan hal-hal yang positif. Dengan demikian otak secara langsung akan terprogram untuk melakukan sesuatu dengan baik.

Pelajari Bahasa Asing

Mempelajari bahasa baru bisa menghambat penurunan fungsi otak yang terkait usia. Ini akan memperkenalkan kepada otak tentang konsep baru dan cara pandang baru.

Menyanyi

Ketika anda sedang dirudung kebosanan atau kesepian, cobalah dengarkan musik yang disukai dan bernyanyi. Ini cara mudah melatih otak kanan sehingga Anda lebih efektif dalam memecahkan masalah.

Dan jangan lupa seimbangi dengan konsumsi makanan yang bergizi sehingga meningkatkan kinerja otak.

(Dikutip dari berbagai sumber)