Sering Dipusingkan untuk Bangunkan Anak di Pagi Hari? Simak Tips Berikut Yuk!

23 November 2014 Artikel Pendidikan


Bagi sebagian orang tua membangunkan anak di pagi hari merupakan hal yang memusingkan dan butuh kesabaran ekstra untuk menghadapinya. Si anak yang malas bangun, merupakan kendala bagi sebagian orang tua. Bahkan terkadang kita harus sedikit berdebat untuk dapat bangunkan anak.

Tidak perlu cemas! Simak tips berikut ini:

Tidur yang Cukup
Kurang tidur menjadi salah satu penyebab utama anak merasa sulit untuk bangun di pagi hari. Maka dari itu anak membutuhkan waktu tidur yang cukup sehingga bangun lebih pagi. Biasanya si anak yang sulit bangun pagi berarti sulit juga untuk tidur di malam hari. Hindari makan malam mendekati jam tidur, minuman berkafein dan juga minuman bersoda.

Jauhkan Gadget dan TV Sebelum Tidur
Pastinya dengan gadget dan televisi, si anak akan tidur larut malam dan memainkan gadget mereka ataupun menonton televisi. Jauhkan si anak dari hal-hal tersebut untuk kualitas tidur anak yang lebih baik.

Siapkan Sarapan Favorit Si Anak
Mencium aroma sarapan kesukaannya ketika saat ingin dibangunkan menjadi motivasi tersendiri bagi anak untuk bergegas bangun dan menyantap sarapan mereka. Cobalah untuk menyiapkan sarapan kesukaan si anak di pagi hari seperti nasi goreng, telur dadar ataupun roti isi untuk alternatif membangunkannya dari tidur.

Mencoba Hal Baru Dan Kreatif Untuk Membangunkan Si Anak
Mungkin bagi orang tua yang membangunkan anak dengan cara menggoyangkan tubuhnya, atau menyalakan lampu kamarnya, Anda bisa mencoba menggunakan cara yang lebih baru dan menarik si buah hati untuk lebih bergegas untuk bangun. Misalkan saja dengan menggunakan kostum karakter kartun favorit si anak dan membangunkannya sambil mengucapkan kalimat yang biasa diucapkan oleh karakter tersebut. Selain si anak akan bangun, hal itu merupakan hiburan tersendiri bagi si anak.

Berikan Tanggung Jawab Terhadap Pola Tidurnya
Jika anak sudah mengetahui akibatnya dari tidur terlalu larut, dan menjadikannya terlambat untuk bersekolah, maka berikanlah ia tanggung jawab terhadap pola tidur mereka. Biarkan anak untuk bangun sendiri tanpa bantuan anda, perlahan maka si anak akan tahu konsekuensinya jika tidur terlalu larut.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)