Semua Bisa Menjadi Pahlawan

30 Agustus 2014 Artikel Pendidikan


Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata "pahlawan" didefinisikan sebagai orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran; pejuang yang gagah berani.

Tidaklah aneh banyak orang yang beranggapan bahwa seseorang dikatakan sebagai pahlawan bila ia telah melakukan hal yang sangat luar biasa, menonjol dan gagah berani. Persepsi ini tidaklah salah. Akan tetapi, kita jangan sampai terjebak pada sebuah asumsi bahwa pahlawan hanyalah segelintir orang tertentu yang kita kenal dan pelajari sewaktu belajar di sekolah dulu.

Faktanya adalah saya, Anda, orang tua, anak kita bahkan semua orang bisa menjadi pahlawan. Benarkah? Ya, simaklah lirik lagu berikut ini: There's a hero.. If you look inside your heart ..You don't have to be afraid.. Of what you are.. There's an answer.. If you reach into your soul.. And the sorrow that you know.. Will melt away.. And then a hero comes along.. with the strength to carry on.. And you cast your fears aside.. And you know you can survive.. So when you feel like hope is gone.. Look inside you and be strong.. And you'll finally see the truth... That a hero lies in you - Hero

Sifat seorang pahlawan sebenarnya ada didalam diri kita, yaitu:

Keberanian
Hidup membutuhkan keberanian. Setiap hari. Dan itu datang dalam berbagai bentuk. Bagi sebagian orang, pergi ke sekolah membutuhkan keberanian, atau bagi yang lainnya, berdiri di depan banyak orang membutuhkan keberanian. Keberanian adalah semacam kekuatan, kuasa atau niat untuk menghadapi keadaan yang menakutkan.

Belas Kasih
Belas kasih adalah kemampuan untuk memahami keadaan emosional orang lain atau diri sendiri. Itu memberikan niat di dalam diri seseorang untuk mengurangi penderitaan orang lain. Carilah cara-cara untuk memperlihatkan belas kasih baik kepada saudara maupun kepada teman. Sayangnya, banyak penderitaan di sekitar kita jika kita bersedia melihatnya.

Tidak Egois
Tidak egois berarti kita bertindak tanpa berpikir bagaimana kita akan diuntungkan atau diberikan hadiah. Misalnya, mintalah seorang kakak membacakan cerita kepada adiknya meskipun bagi si kakak cerita itu membosankan. Ajarkan kepada si kakak bahwa tindakannya adalah untuk membantu mendatangkan kebahagiaan bagi orang lain. Berikan kesempatan kepada anak-anak untuk membantu sesama, baik bekerja di dapur umum, menyumbangkan waktu mereka di toko baju bekas, atau apa pun yang berarti mereka mungkin harus mengorbankan sesuatu yang penting bagi mereka, seperti waktu atau uang, untuk kepentingan sesama.

Tidak Menghakimi
Seorang pahlawan super tidak akan menjadi seorang pahlawan jika dia menghakimi orang lain.

Rendah Hati
Pahlawan selalu rendah hati. Ketika mereka memenangkan pertarungan, mereka tidak memamerkan kemenangan mereka. Mereka diam-diam menghilang ke kegelapan malam, tahu bahwa besok akan ada pertarungan selanjutnya. Menjadi rendah hati berarti melakukan pekerjaan terbaik yang dapat Anda lakukan sementara juga menghormati orang lain di sekitar Anda.

Ya, saya dan Anda bisa menjadi Pahlawan. Pahlawan atas mimpi-mimpi kita. Pahlawan bagi keluarga, pasangan, anak, orangtua, adik, kakak, saudara kita. Pahlawan bagi orang lain yang kita bantu. Pahlawan bagi Lingkungan sekitar kita. Asalkan kita memiliki kekuatan untuk mampu bertahan dan terus bertekun hingga akhirnya kita bisa melewati rintangan. Semoga bermanfaat!

Oleh: Ariyanti S
(Dikutip dari berbagai sumber)