Sejauh Mana Persiapan Anda dalam Ujian Semester?

20 Februari 2017 Artikel Pendidikan


Ujian semester adalah ujian yang diadakan pada akhir semester setelah menyelesaikan beberapa pokok bahasan ataupun tema pelajaran. Dalam setahun ada dua kali pelaksanaan ujian semester, yaitu semester ganjil dan semester genap.Ujian semester ganjil sudah di depan mata. Pada minggu pertama atau kedua bulan Desember, Anda akan menjalani ujian semester. Khusus bagi Anda siswa di kelas terakhir, nilai perolehan pada semester ganjil ini akan berpengaruh terhadap kelulusan Anda dari sekolah.

Nah, sejauhmana persiapan Anda menghadapi ujian semester ini? Setidaknya jawaban ini akan mengingatkan Anda untuk mengevaluasi kesiapan diri secara material maupun spiritual. Jika persiapan Anda belum siap atau belum memadai, ada baiknya untuk kembali berbenah diri.

Buku catatan pelajaran

Catatan pelajaran adalah rangkuman materi pelajaran penting pada suatu mata pelajaran. Dengan membaca kembali catatan pelajaran, akan membuat Anda lebih mudah memahami daripada membaca buku pelajaran kembali di saat mendekati ujian semester.Jika belum lengkap segera lengkapi dengan cara menyalin catatan maupun mengkopi buku catatan teman. Kalau perlu, Anda haru membuat rapi buku catatan pelajaran Anda agar dapat membangkitkan semangat dalam mengulang pelajaran di rumah.

Selesaikan masalah nilai yang terbengkalai

Maksudnya adalah nilai mata pelajaran yang belum tuntas atau belum Anda buat. Misalnya tugas yang diberikan guru dalam semester ini sebanyak 5 buah, apakah tugas sebanyak itu sudah dikerjakan dan serahkan pada guru? Kalau belum selesaikan sesegera mungkin.

Belajar kelompok

Agar mencapai sasaran yang diharapkan, siswa perlu mengelola belajar kelompok dengan baik. Kegiatan yang biasa dilakukan dalam kelompok belajar adalah membahas soal-soal dengan mempedomani contoh soal yang diberikan guru atau yang terdapat pada buku pelajaran.

Menjaga kesehatan tubuh

Dengan kesehatan prima dan tubuh bugar akan memungkinkan terpeliharannya semangat dan Anda pasti fokus dalam belajar serta menjalani ujian. Sebaliknya, sulit untuk fokus belajar dan menjalani ujian dalam kondisi tubuh yang lesu dan kurang sehat.Untuk menjaga kesehatan tubuh, sebaiknya Anda cukup istirahat dan mengkonsumsi makanan yang seimbang dan minum air putih yang cukup.

Jadi, sudah sejauhmana persiapan Anda dalam menghadapi ujian semester ini?

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)