Saling Menghargai Itu Penting Loh!

22 Maret 2014 Artikel Pendidikan


Belajar menghargai itu susah, tidak lepas dari kehidupan kita di dunia ini dimana-mana kita menemukan makna menghargai. Menghargai teman bermain, menghargai guru-guru di sekolah, menghargai orang lain walaupun tidak di kenal, yang paling utama adalah menghargai orang tua. Kita harus belajar saling menghargai satu sama lain, memberikan nilai baik pada karya-karya orang lain, bagaimana perkataan atau sikap kita terhadap orang lain, tidak dapat diulang kembali.

Segala perkataan yang kita katakan kepada orang-orang di sekitar kita, tidak bisa kita ulang lagi. Kita harus bisa lebih berhati-hati dan berpikiran jernih dalam bersikap. Tidak melulu memikirkan diri kita sendiri, melainkan harus bisa melihat dari sisi orang lain dan tidak gegabah dalam mengambil sikap hanya karena emosi. Empati kepada orang lain.

Sebenarnya, apa sikap saling menghargai Itu?

Saling menghargai adalah sikap toleransi sesama umat manusia, menerima perbedaan antara setiap manusia sebagai hal yang wajar dan tidak melanggar hak asasi manusia lain.

Sikap ini adalah sikap damai, dimana seseorang menganggap keberadaan orang lain sebagai bagian dari lingkungan, sama seperti dirinya. Tidak saling bermusuhan dan merugikan antar sesama manusia. Tidak membeda-bedakan warna kulit (ras), tidak menganggap bahwa dirinya adalah manusia yang paling hebat dibandingkan manusia lain dan tidak menganggap manusia lain itu lebih rendah dari dirinya.


Menunjukkan bahwa saling menghargai itu tidak merugikan. Justru, jika kita tidak menghargai orang lain, maka kita akan rugi.

Nah, kita semua tahu apa efek negatif dari sifat tidak menghargai orang lain atau suka merendahkan orang lain.

Tak sulit untuk mengatakan, "Kerjamu bagus". "Prestasimu luar bisa". "Semoga Sukses ya". Ataupun, yang paling mudah, kita mendengar ketika ada orang lain berbicara, jangan sampai orang baru saja membuka mulutnya untuk mengatakan sesuatu, kita sudah memotong dan menyalahkannya.

Mari kita hargai apapun itu, sekecil apapun. Bagimana kita akan mampu menghargai yang besar kalau kita meremehkan hal-hal kecil.

Sesuatu yang besar pun terdiri dari bahan penyusun yang kecil, sesuatu yang kecil yang selalu di mudahkan atau di remehkan. Apa susahnya menghargai sesama dan menerima mereka dengan apa adanya, toh kita juga mengharapkan penghargaan dari orang lain, selalu ingin di hargai.

Bisa menguasai diri dan selalu introspeksi diri sudah sejauh mana kita bisa menerima orang lain akan menjadi penentu bagi kita. Jadi, jika kita ingin selalu di hargai, hargailah juga orang lain siapapun itu, dalam hal sekecil apapun itu.

Oleh: Ariyanti S
(Dikutip dari berbagai sumber)