Sahabat Sedang Marah? Ini yang Perlu Kamu Lakukan!

22 Juni 2019 Artikel Pendidikan


Setiap orang pasti pernah mengalami konflik atau masalah, termasuk sahabat terdekat. Terkadang Anda jadi kena imbasnya juga. Sebagai sahabatnya, Anda tentu tidak mau ia memendam amarah terlalu lama bukan? Nah, ini dia yang bisa dilakukan untuk menghadapinya:

Biarkan sejenak

Cara meredam amarah drtiap orang berbeda - beda. Ada yang meluapkan dengan penuh emosi, ada pula yang hanya diam. Jangan langsung tanggapi amarahnya, sebab biasanya seseorang yang sedang emosi tidak ingin mendapatkan tanggapan dari orang lain. Biarkan dia sejenak dan berikan waktu untuk meredam emosinya terlebih dahulu.

Hibur

Setelah ia merasa lebih tenang, barulah saatnya kamu hibur dia. Cara menghiburnya bisa dengan melakukan guyonan yang biasa dilakukan berdua atau cukup dengan senyuman. Jangan bawa masalahnya kembali yang membuat amarahnya meluap kembali.

Cari penyebabnya

Setelah dia merasa lebih baik dan kembali tersenyum, baru Anda bisa tanyakan penyebabnya. Kalau disebabkan karena kita, jangan sungkan untuk langsung minta maaf. Tetapi jika akar permasalahannya dari orang lain, kita bisa bantu sahabat untuk menyelesaikan masalahnya.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)