RSBI/SBI Bunuh Karakter Anak Bangsa



JAKARTA - Praktisi pendidikan Itje Chodidjah berpendapat Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) dan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) dapat membunuh karakter anak bangsa.

RSBI/SBI dinilai hanya disiapkan untuk mereka yang mapan baik dari segi financial maupun pengetahuan. Sedangkan mereka yang tidak mampu finansialnya mecari sekolah lain yang lebih terjangkau.

Selain itu, perubahan status dari SSN menjadi RSBI/SBI harus di dasarkan pada studi yang cermat tidak langsung ikut perintah UU.

"RSBI ini membunuh karakter anak bangsa, karena anak yang cerdas tetapi secara finansial tidak mampu, ia tidak punya kesempatan untuk bersekolah di RSBI/SBI. Padahal dia berhak mendapatkan kesempatan yang sama," ucap Itje yang juga merupakan penasehat pendidikan pada British Council.

Sebelumnya, Sejumlah orang tua murid dan aktivis pendidikan mengajukan uji materil terhadap Pasal 50 ayat (3) UU No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Mereka menilai penerapan RSBI/SBI justru menimbulkan persoalan bagi bangsa.

Sumber: mediaindonesia.com