Rayakan Valentine Bersama Anak dengan Ide Unik Ini

14 Februari 2015 Artikel Pendidikan


Bulan Februari identik dengan bulan kasih sayang atau hari Valentine. Hari Valentine tidak hanya dirayakan bersama pasangan. Bersama buah hati, Anda juga bisa menciptakan moment seru. Namun kemudian timbul pertanyaan, apa yang sebaiknya dilakukan para orang tua untuk mengekspresikan kasih sayangnya secara nyata kepada anak?

Berikut beberapa ide unik untuk para orang tua merayakan Valentine bersama:
1. Berkreasi dengan Kartu Valentine

Membeli kartu ucapan Valentine dari toko memang lebih mudah. Namun dengan kartu buatan tangan sendiri, Anda bebas untuk menentukan pesan dan bentuknya. Selain itu, melibatkan anak dalam membuat kartu Valentine bersama akan menjadi moment seru dan dapat menginspirasi si kecil kedepannya.

2. Wisata dalam Kota
Tidak perlu berwisata jauh, masih banyak kegiatan seru lainnya yang bisa dilakukan di dalam kota. Bila orang tua ingin berwisata sekaligus memperluas wawasan si kecil, Anda bisa membawanya ke museum, kebun binatang, taman hiburan, piknik di taman kota, dan lain sebagainya.

3. Hadiah Kecil
Memberikan hadiah, biasanya dilakukan pada saat mereka berulang tahun, mencapai prestasi, atau saat Natal. Hari Valentine juga bisa menjadi ajang untuk memberikan hadiah bagi anak. Tidak harus mahal, Anda bisa mempertimbangkan untuk memberikan film, mainan, buku, pakaian, dan lainnya.

4. Bukan Rumah Biasa
Bila cuaca tidak memungkinkan untuk keluar rumah, orang tua bisa menemaninya dengan menyewa beberapa film yang disenangi anak, asalkan tetap sesuai dengan kebutuhan buah hati Anda. Selain itu moment kebersamaan juga bisa tercipta dengan membaca buku atau komik, memasak cokelat bersama, berkreasi dengan cat air, menangkap bola, dan masih banyak lagi.

5. Berbagi Cinta ke Luar
Tidak hanya dalam lingkup keluarga, orang tua juga bisa mengajarkan anak untuk berbagi kasih kepada orang lain. Bisa dipraktekkan lewat kunjungan ke panti asuhan, berbagi cokelat kepada teman-teman sekolah, dan lainnya. Atau dengan membangun semangat anak menjadi relawan. Karena tahun ini Valentine jatuh di hari Sabtu, orang tua bisa mengajak anak untuk terlibat menjadi relawan. Bisa dengan menyiapkan makanan dan membagikannya kepada mereka yang membutuhkan atau dengan menjaga kebersihan lingkungan dengan melibatkan anak di gotong royong. Di sini orang tua tidak hanya menghabiskan waktu dengan anak. Namun Anda juga menunjukkan kepada mereka bagaimana mereka dapat mengekspresikan cinta dan kepedulian bagi dunia di sekitar mereka.

6. Candle Light Dinner
Agar suasana Valentine lebih terasa, orang tua juga bisa mengajak anak makan malam romantis berdua. Sambil mengobrol, coba perhatikan lagi apakah Anda sudah cukup memberikan kasih sayang, perhatian, dan waktu kepada anak? Kasih sayang dari orang tua merupakan sebuah bekal bagi sang anak untuk melakukan hal yang serupa ke sesamanya. Dibandingkan sekedar kata, memberikan teladan akan lebih berpengaruh pada perkembangan anak. Fakta mengungkapkan bahwa anak-anak yang jarang diberikan perhatian atau kasih sayang cenderung lebih sulit mengungkapkan rasa kasih sayangnya.

Terakhir, terlepas dari hari Valentine, biarlah hari kasih sayang itu tetap ada setiap hari.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)