Rayakan Hari Kemerdekaan Bersama Si Kecil

17 Agustus 2015 Artikel Pendidikan


Hari kemerdekaan yang jatuh pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya identik dengan perlombaan. Berbagai kegiatan digelar dengan nuansa merah putih. Upacara bendera, aneka lomba hingga mengadakan karnaval menyambut HUT RI tersebut.

Momen tersebut ternyata bisa dimanfaatkan untuk si kecil dalam mengenalkan serta menanamkan jiwa nasionalisme sejak dini agar cinta terhadap Indonesia. Ikut sertakan si kecil dalam serangkaian lomba yang diadakan daerah sekitar rumah Anda. Selain mengasah motorik si kecil, mengikuti lomba juga dapat membantu si kecil bersosialisasi dengan teman sebaya lebih baik.

Lalu apa saja sih kegiatan yang bisa Anda lakukan dengan si kecil dalam menyambut hari kemerdekaan?

Hias rumah dengan nuansa merah putih

Selain mengasah kreatifitas anak, si kecil juga dapat pelajaran berharga mengenai rasa nasionalisme. Ajak anak memasang bendera di depan rumah. Minta bantuannya mengikat tali bendera pada lubang tiang yang tersedia, hal ini akan melatih koordinasi gerakan mata dan tangan, khususnya keterampilan motorik halus jari-jari tangannya. Hias teras rumah dengan atribut yang tersedia. Di sini kreatifitas si kecil akan diuji dan berkembang.

Partisipasi dalam perlombaan

Dalam ajang tahunan ini, si kecil diajarkan mengenai sportivitas. Lomba makan kerupuk, membawa kelereng dengan menggunakan sendok, masukan paku dalam botol dan lainnya. Perlombaan juga akan membantu si kecil dalam merasakan persaingan secara sehat dan memenangkan sebuah perlombaan. Ajarkan pula agar lebih berbesar hati saat kalah.

Mengikuti Karnaval

Ajak si kecil untuk berani mengikuti karnaval. Minta ia memilih kostum yang ingin dipakainya. Tunjukkan terlebih dahulu buku berisi kumpulan pakaian daerah atau pakaian profesi tertentu, misalnya suster, dokter atau tentara. Kesempatan ini mengasah rasa percaya diri dan keberanian balita untuk tampil.

Tampil di panggung

Si kecil berbakat dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi? Ajak anak untuk tampil di atas panggung.Seperti, menyanyi atau menari bersama. Keberanian balita untuk tampil dan respon positif Anda maupun lingkungan dapat membangun rasa percaya dirinya.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)