Ragam Kegiatan Bersama Orang Tua di Sekolah

4 Mei 2016 Artikel Pendidikan   |    Kak Zepe


Pelajaran-pelajaran di sekolah terkadang membuat anak-anak merasa jemu. Perlu ada variasi kegiatan yang bisa membuat anak-anak menjadi bersemangat kembali dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah. Selain itu, kegiatan bersama orang tua ini juga bermanfaat untuk mempererat jalinan persaudaraan antara guru dan orang tua sehingga permasalahan yang dialami anak selama di sekolah bisa cepat diatasi. Anak-anak pun bisa menjadi lebih terbuka pada guru bila melihat ada kedekatan antara guru dan orang tua mereka. Berikut ini adalah ragam kegiatan di sekolah yang melibatkan orang tua:

1. Ramah Tamah Orang Tua dan Guru

Kegiatan ini biasa dilakukan di awal tahun ajaran. Guru mengundang orang tua untuk berkunjung ke sekolah. Di dalam acara ini guru menjelaskan program sekolah secara garis besar, sedangkan orang tua diberikan kesempatan untuk mengungkapkan kerinduan atau ide-ide untuk perkembangan pembelajaran di sekolah. Selain itu, acara ini juga sarana menjalin perkenalan dan silaturahmi antara guru dan orang tua.

2. Belajar Bersama Orang Tua di Sekolah

Kegiatan ini juga bisa dilakukan di hari pertama atau satu minggu pertama anak masuk sekolah. Pada kesempatan ini, orang tua diberi kesmpatan untuk bergabung dan belajar besama buah hatinya di kelas. Sesi ini diadakan sebagai fasilitas bagi anak yang masih belum mampu menyesuaikan diri dengan pembelajaran di sekolah. Dengan motivasi yang diberikan oleh orang tua, diharapkan anak-anak didik akan mampu belajar secara mandiri tanpa didampingi orang tua.

3. Seminar Pendidikan dan Psikologi Anak

Seminar ini biasa diisi dengan program-program baru sekolah atau cara mengatasi permasalahan anak yang sedang update, misalnya, topic tentang penggunaan gadget di kalangan anak, menghindari kasus kekerasan seksual pada, dan lainnya.

4. Field Trip

Kegiatan ini biasa diadakan satu hingga dua kali dalam setahun. Manfaat dari kegiatan ini adalah mempraktekkan ilmu yang mereka dapatkan di sekolah ke dalam kehidupan nyata. Misalnya tema yang dipelajari adalah tentang mengenal budaya. Maka guru mengajak orang tua dan siswa untuk melakukan perjalanan wisata bersama ke tempat-tempat edukatif bertema budaya. Di tempat-tempat wisata tersebut anak akan mendapatkan tugas bertema budaya.

5. Hari konsultasi

Hari konsultasi adalah hari khusus dimana semua orang tua murid datang ke sekolah untuk mendapatkan wejangan-wejangan dari guru. Selain itu, orang tua juga diberi kesempatan untuk berbagi tentang permasalahan buah hati mereka, baik dari sisi akademis maupun karakter mereka.

6. Memasak Bersama

Dalam kegiatan ini, orang tua besama anak akan bekerjasama memasak masakan sederhana. Anak akan mendapatkan kesempatan untuk membantu mencuci sayur, merapikan meja makan, menempatkan sendok dan garpu, serta aktivitas sederhana lainnya. Setelah itu semua siswa akan makan bersama dengan guru dan orang tua. Aktivitas ini bermanfaat agar anak didik semakin merasa dekat dengan guru dan merasa bahwa sekolah adalah rumah kedua mereka.

7. Unjuk Bakat

Acara ini diadakan untuk menunjukkan kepada orang tua mengenai bakat-bakat anak yang telah dikembangkan selama masa belajar. Unjuk bakat bisa berupa pentas seni tari, pameran gambar-gambar atau lukisan siswa, unjuk seni bela diri, dan lainnya.

8. Berkegiatan Sosial

Untuk menumbuhkan jiwa social bagi anak-anak didik, sekali waktu guru bisa mengajak anak-anak didik bersama orang tua untuk mengunjungi lambaga-lembaga social. Di sana anak-anak juga mendapatkan kesempatan untuk melakukan kegiatan pentas seni dan menyumbangkan sesuatu bagi saudara-saudari yang membutuhkan.

Orang tua dan guru terkadang memiliki visi dan misi berbeda dalam mendidik anak-anak. Melalui acara-acara di atas, diharapkan visi dan misi antara orang tua dan guru bisa menyatu. Sehingga anak-anak pun bisa lebih nyaman dalam mengikuti pembelajaran di sekolah, dan orang tua pun semakin percaya akan kemampuan para pendidik dalam mengajar dan mengasuh buah hatinya.

(Penulis adalah Praktisi Pendidikan dan Pencipta Lagu Anak dalam aplikasi gratis" Lagu Anak Kak Zepe Vol 1 dan 2)