Putus Asa Karena Mengalami Kegagalan? Segera Bangkit dengan 5 Tips Ini!

31 Oktober 2019 Artikel Pendidikan


Siapa yang tidak pernah mengalami kegagalan? Semua orang pasti pernah gagal. Apa yang Anda lakukan ketika mengalami kegagalan? Apa yang ada di benak Anda ketika mengalami kegagalan? Apakah Anda menjadi emosi? Apakah Anda akan bercerita pada teman dan keluarga, atau hanya menutup diri? Atau mungkin Anda akan menyalahkan diri sendiri?

Sebuah penelitian dari University of Kent, Ingggris mengungkapkan bahwa semakin sering mereka melakukan hal - hal di atas untuk menyikapi kegagalan, semakin tidak puas hati mereka terhadap permasalahan yang dihadapi.

Namun, menerima keadaan, mencari sisi positif dan hikmahnya, dan tidak mengungkit - ungkit lebih jauh segala kegagalan akan menghasilkan kepuasan dan perasaan lebih baik. Jangan biarkan diri terpuruk oleh kegagalan. Berikut ini adalah cara yang dapat membantu Anda bangkit dari kegagalan:

1. Menerima kegagalan dengan lapang dada
Langkah pertama untuk bangkit dari kegagalan adalah menerima kegagalan itu sendiri. Cobalah untuk terima kenyataan bahwa Anda telah gagal. Jangan berpaling, tapi hadapi. Dengan menerima kegagalan, Anda telah membebaskan diri dari tekanan batin.

2. Memperbaiki visi
Lihat kembali visi Anda. Mungkin Anda harus memperbaiki visi bila itu yang menyebabkan Anda gagal. Bila tidak, pertahankan visi Anda. Tetaplah melihat tujuan yang ingin Anda capai.

3. Fokus pada potensi diri
Bangun kehidupan Anda atas dasar yang positif bukan atas dasar yang negatif. Jangan berkonsentrasi dalam memperbaiki kelemahan, sehingga tidak sempat mengasah kelebihan. "Yang membedakan antara pemenang dengan pecundang adalah bahwa para pemenang berkonsentrasi pada apa mereka bisa lakukan, bukan pada apa yang tidak bisa mereka lakukan" kata Bob Butera, seorang pelatih hoki.

4. Belajar untuk tidak takut gagal
Kegagalan seringkali disertai dengan rasa tertolak. Perasaan bahwa orang akan menolak Anda, bahkan menolak diri sendiri. Ciri utama orang yang masih terperangkap dalam ketertolakan masa lalu adalah takut gagal yang membuat tidak ada pertumbuhan dalam diri.

5. Mengambil langkah maju ke depan
Tentu agar bangkit dari kegagalan, Anda tidak boleh melakukan metode yang sama. Anda harus mengambil satu langkah lebih maju dari metode yang sebelumnya. Lakukan sesuai dengan kemampuan Anda dan buat langkah pertama lebih baik dari langkah sebelumnya.

Perlu diingat bahwa kegagalan hanya bersifat sementara dan dapat diubah. Kegagalan adalah sebuah proses menuju kesuksesan. "Menerima tanggung jawab atas kegagalan memungkinkan kita untuk mampu menerima tanggung jawab untuk keberhasilan" - Ed Cole.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)