Posisi yang Harus Diketahui Guru dalam Menulis Dipapan Tulis

19 Januari 2016 Artikel Pendidikan


Tanpa disadari, guru sering membelakangi siswa ketika mengajar di ruang kelas. Hal ini biasanya terjadi pada guru baru atau mahasiswa yang sedang melaksanakan praktik mengajar. Saat mengajar sering membelakang ke arah siswa. Misalnya, ketika menulis di papan tulis.Akibatnya siswa merasa luput dari pantauan guru.

Terlalu sering membelakangi siswa akan memberi peluang kepada siswa untuk melakukan tindakan yang tidak diinginkan. Melakukan perilaku menyimpang, seperti ngobrol dengan teman, mengganggu teman, dan lain sebagainya. Suasana kelas jadi gaduh sehingga proses pembelajaran terganggu.Memang, posisi ketika mengajar sangat penting untuk mendapat perhatian guru. Hal ini tidak dapat dianggap sepele karena berpengaruh besar terhadap kelancaran proses pembelajaran.

Kesulitan guru dalam mengelola kelas sering berawaldari posisi guru berdiri saat menulis di papan tulis. Ketika menulis di papan tulis, sebaiknya guru tidak membelakang penuh pada siswa. Sebaliknya guru berdiri dengan posisi tubuh menyamping di bagian kiri atau kanan papan tulis.

Kalaupun terpaksa membelakangi siswa namun jangan dalam rentang waktu terlalu lama. Sekali-sekali arahkan juga pandangan ke siswa. Cara ini akan dapat memantau siswa sehingga mudah mengontrol siswa. Mengurangi kesempatan pada siswa untuk melakukan hal yang menghambat pembelajaran. Sebaliknya siswa merasa diperhatikan oleh guru.

Dengan posisi yang tepat ketika menulis di papan tulis akan memudahkan guru untuk mengontrol siswa. Tentu saja penguasaan kelas dapat dilakukan dengan baik. Proses pembelajaran menjadi efektif dan efisien.

Semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)