Persyaratan PPDB 2015 untuk Jenjang TK dan SD

15 April 2015 Artikel Pendidikan


Di zaman sekarang yang bisa dikatakan zaman modern, teknologi sudah semakin berkembang pesat. Zaman modern sendiri tidak mengenal usia baik muda maupun tua juga akan tergerus oleh ilmu pengetahuan dan teknologi canggih. Sebenarnya teknologi bisa menjadi alat bantu bagi kita dalam menunjang aktivitas sehari-hari.

Sama seperti halnya dalam pendidikan. Asal mula teknologi berkembang pesat saat ini ialah pendidikan. Dengan pendidikan, orang-orang mampu berinovasi untuk membantu manusia dalam hal apa saja. Dalam tahun ajaran baru, kita pasti tidak asing lagi yang namanya pendaftaran. Jika dahulu pendaftaran dilakukan secara manual (bertemu langsung), maka untuk saat ini kita mengenal pendaftaran online atau lebih dikenal dengan PPDB Online.

PPDB merupakan singkatan dari Penerimaan Peserta Didik Baru yakni kegiatan penerimaan dan seleksi calon peserta pendidikan dan pelatihan pada sekolah tersebut yang berkaitan dengan kemampuan dasar akademik dan minat bakat terhadap jenjang sekolah yang dituju sebagai bentuk awal pengendalian penjaminan dan penetapan mutu pendidikan yang bermanfaat untuk mendukung upaya jenjang pendidikan kearah tujuan yang diinginkan.

Untuk syarat dan ketentuan dari setiap jenjang di daerah Jakarta dan sekitarnya sudah dipublikasikan melalui situs resmi Dinas Pendidikan Kota Jakarta. Jika sebelumnya PPDB hanya melingkupi SD, SMP, SMA serta SMA kali ini ada jenjang yang masuk dalam lingkup PPDB Online untuk tahun ajaran 2015-2016 Yakni Jenjang TK.

Nah, karena TK merupakan jenjang baru dalam lingkup PPDB Online maka untuk pendaftarannya bisa dilakukan secara offline atau manual (langsung datang ke sekolah tujuan). Selain itu, peserta PPDB untuk jenjang TK hanya boleh memilih 1 sekolah tujuan apabila sudah mendapatkan sekolah tujuan. Untuk persyaratan, peserta wajib menyerahkan fotokopi KK (Kartu Keluarga) serta akte kelahiran. Untuk umur minimal 4 tahun untuk kelompok A & 5 tahun untuk kelompok B.

Untuk jenjang SD memiliki 3 jalur dalam tahap pendaftaran yakni pendaftaran tahap pertama jalur umum, pendaftaran tahap kedua untuk Lokal & Pendaftaran tahap ketiga. Pada Pendaftaran tahap pertama jalur umum diperuntukan bagi calon peserta yang berdomisili / bertempat tinggal di DKI Jakarta atau di luar Jakarta. Untuk pengajuan sekolah yang dipilih maksimal 3 sekolah.

Untuk Pendaftaran tahap kedua untuk Lokal dibuka apabila peserta tidak diterima pada Pendaftaran tahap pertama jalur umum dan diterima pada jalur umum namun tidak melapor diri.

Untuk info lebih lanjut mengenai informasi PPDB Online 2015, dapat dilihat syarat dan ketentuannya berikut ini.

1. PPDB untuk Peserta Jenjang TK, Syarat & Ketentuan bisa dilihat disini

2. PPDB untuk Peserta Jenjang SD, Syarat & Ketentuan bisa dilihat disini

Perlu diingat untuk PPDB yang telah diinformasikan adalah untuk sekolah yang berada di Jakarta dan sekitarnya.

Oleh: Albert S.
(Dikutip dari disdik.jakarta.go.id)