Perhatikan! Penyebab Nilai Siswa Jeblok di Sekolah

29 Februari 2016 Artikel Pendidikan


Terdapat beberapa kemungkinan alasan yang menyebabkan siswa memiliki nilai yang buruk di sekolah.

Sebagian adalah faktor eksternal, seperti materi pelajaran yang terlalu sulit, guru nya sulit dimengerti, dan masalah-masalah dirumah. Alasan lain berkaitan dengan perilaku siswa, seperti tidak mengerjakan PR dan terlalu banyak bercanda di kelas. Akhirnya, terdapat beberapa Alasan yang berhubungan dengan personal siswa sendiri, seperti rasa cemas dan kesulitan berkonsentrasi.

Jika Anda pernah mendapatkan nilai buruk di sekolah dan Anda mengetahui alasannya, Anda bisa memperbaikinya dan kembali ke jalan yang benar.

Pertanyaan yang mungkin Anda miliki adalah:

· Apa faktor eksternal yang menyebabkan nilai buruk?

· Apa faktor etika yang menyebabkan nilai buruk?

· Apa masalah pribadi yang menyebabkan nilai buruk?

Faktor-faktor eksternal yang menyebabkan nilai buruk

Faktor eksternal yang mempengaruhi nilai disekolah kadang diluar kendali kita. Jika materi pelajaran nya terlalu sulit atau Gurunya kurang efektif, Anda bisa mengambil les jika diperlukan.

Materi pelajaran terlalu sulit

Jika memungkinkan Anda bisa mengambil kursus jika materi pelajarannya dirasa terlalu sulit untuk dimengerti. Kadang penyampaian materinya terlalu cepat untuk Anda. Masalah lain adalah kamu tidak mempelajari materi yang diajarkan pada kelas sebelumnya.

Di kuliah, Anda bisa keluar dari kelas jika itu terlalu sulit. Tetapi jika tidak bisa tinggal kelas, carilah bantuan. Biarkan guru Anda tahu masalah anda, dan mungkin anda dapat mendapatkan bantuan dikelas.

Suasana kelas

Beberapa siswa mempunyai lingkungan belajar yang tidak kondusif di rumah. Mungkin terlalu bising atau kurang nyaman. Dalam situasi seperti itu, Anda dapat belajar dan mengerjakan PR di sekolah atau di perpustakaan.

Perilaku buruk yang dapat menyebabkan nilai buruk

Kurang bermotivasi

Terkadang Anda mengalami hal ini disekolah. Alasan terbesar kurangnya motivasi belajar adalah Anda tidak mempunyai tujuan yang jelas untuk sekolah atau Anda tidak melihat adanya keuntungan dari pergi ke sekolah.

Akan lebih baik jika Anda mempunyai mimpi dan tujuan.

Tidak mengerjakan PR

Salah satu alasan terbesar siswa gagal dalam pelajaran adalah karena mereka tidak belajar atau tidak mengerjakan pekerjaan rumah.

Kurang memperhatikan

Beberapa siswa kadang bolos sekolah. Ada juga yang masuk ke kelas namun tidak memperhatikan materi yang diberikan. Akhirnya, beberapa dari mereka hanya bercanda selama pelajaran.

Masalah Pribadi

Masalah pribadi bisa berdampak terhadap nilai Anda. Menunda dan mengabaikan tugas-tugas dapat berdampak terhadap nilai Anda.

Menunda-nunda pekerjaan

Beberapa siswa mengabaikan tugas-tugasnya seperti mengerjakan PR atau belajar untuk tes dan mengerjakan sesuatu yang lain. Menunda-nunda pekerjaan merupakan perilaku yang sulit untuk diatasi.

Kesimpulan

Ada beberapa penyebab siswa mendapatkan nilai buruk yaitu faktor eksternal, seperti materi yang terlalu sulit. Alasan lain berkaitan dengan perilaku buruk, seperti tidak mengerjakan PR dan bercanda dikelas. Terakhir, ada juga penyebab yang berkaitan dengan masalah pribadi, seperti kegelisahan dan sulit berkonstentrasi.

Jika Anda pernah mendapatkan nilai buruk dan terdapat penyebabnya di artikel ini, Anda dapat memperbaiki situasi dan kembali ke jalan yang benar.

Oleh: Muhamad Erzal
(Diolah dari berbagai sumber)