Perhatikan Pembuka dan Penutup Pelajaran, Agar KBM Berkesan

26 September 2016 Artikel Pendidikan   |    Kak Zepe


Saat-saat awal pelajaran adalah saat-saat yang perlu kita perhatikan. Di awal pelajaran, biasanya siswa dengan berbagai alasan perlu sesuatu yang menarik agar bisa memusatkan perhatian pada pelajaran. Saat pagi hari, apalagi di jam pertama KBM (Kegiatan Belajar Mengajar), beberapa siswa mungkin masih mengantuk, nafas masih terengah-engah karena baru saja bermain kejar-kejaran, atau pikiran seakan-akan masih berada di rumah. Agar siswa bisa terkoneksi dengan KBM, tentu saja membutuhkan aktivitas yang menarik.

Guru bisa mengajak siswa bermain tebak-tebakan, bernyanyi, menari, dan aktivitas menarik lainnya. Aktivitas menarik ini biasa disebut "set induction". "Set induction" adalah usaha atau aktivitas yang dilakukan oleh pendidik dalam sebuah KBM untuk menciptakan suasana belajar mengajar yang kondusif, dimana siswa mampu mempfokuskan perhatiannya pada pelajaran. Kegiatan ini disarankan memiliki tema yang sesuai dengan materi pelajaran yang akan dipelajari. Misalnya, saat anak-anak belajar tentang "Alam Semesta", guru bisa mengajak anak untuk menyanyikan lagu "Pemandangan Alam". Setelah itu guru bisa menjelaskan kepada anak-anak didiknya tentang hubungan aktivitas pembuka dengan pembelajaran yang akan dilakukan saat itu. Setelah itu, guru bisa melanjutkan dengan kegiatan inti KBM (menjelaskan teori, tanya jawan, lembar kerja), dll.

Saat menutup kelas, guru perlu melakukan segala sesuatu lebih cepat. Yang terpenting adalah guru tidak boleh menghentikan pelajaran secara asal-alasan. Bagai mana pun, pengelolaan waktu harus dilakukan dengan naik. Kegiatan penutup yang paling sederhana adalah dalam bentuk tanya jawab. Namun agar pelajaran lebih menarik dan bisa diingat anak didik adalah dengan memberikan tanya jawab layaknya permainan kuis. Guru juga bisa memberikan penugasan, melakukan refleksi tentang aktivitas yang baru saja dilakukan, atau memberikan tes. Saat memberikan tes, guru juga perlu memberikan tes yang menarik, misalnya yang mengandung permainan scramble, teka-teki silang, menulis cerita, dan lainnya.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda selalu memikirkan kegiatan menarik saat membuka dan menutup kelas? Silakan berbagi dengan berkomentar!

(Penulis adalah Praktisi Pendidikan dan Pencipta Lagu Anak dalam aplikasi gratis" Lagu Anak Kak Zepe Vol 1 dan 2)